English English Indonesian Indonesian
oleh

Begini Upaya Pemerintah Kecamatan Malili Menambah Stok Darah untuk Pasien Darurat di Rumah Sakit

MALILI, FAJAR — Kebutuhan darah untuk pasien cukup tinggi. Stok darah sering kali habis. Atas kondisi ini, Pemerintah Kecamatan Malili bersama Mahasiswa KKN Stikes Bakti Pertiwi Luwu Raya Palopo, menggelar gerakan donor darah.

Di Halaman Kantor Kecamatan Malili, beberapa petugas kesehatan bersama relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Luwu Timur melakukan pemeriksaan kepada para pendonor darah. Bagi pendonor yang dinyatakan layak mendonorkan darahnya, diberikan surat keterangan.

Beberapa orang yang dinyatakan belum bisa mendonor karena waktu istirahat belum terpenuhi, diminta untuk mendonor esok hari. Namun, harus tidur lebih cepat, paling lambat sebelum pukul 23.00 Wita.

Camat Malili, Nasir DJ mengatakan, antusiasme masyarakat dan unsur Tripika yang sangat tinggi dalam menghadiri kegiatan kemanusiaan patut disyukuri. Harapannya, gerakan kemanusiaan ini terus menjamur hingga ke pelosok negeri.

“Sebaik-baik manusia, yang bermanfaat bagi sesama. Semoga ini menjadi amal jariyah bagi mereka yang mendonor darahnya,” kata Nasir DJ disela-sela kegiatan kepada FAJAR, Senin, 13 Februari.

Di ruangan donor, pelaksana kegiatan menyediakan tiga tempat khusus bagi pendonor. Makanya, antrian cukup ramai. “Semoga kita bisa dapat hingga 100 kantong darah. Harapannya, stok darah selalu ada disaat ada masyarakat atau pasien yang membutuhkan,” ungkapnya.

Nasir mengaku, kegiatan ini diinisiasi Mahasiswa KKN Stikes Bakti Pertiwi Luwu Raya Palopo, dan menjadi kegiatan donor darah perdana dilaksanakan di Kantor Kecamatan. Harapannya, bisa menjadi agenda rutin nantinya. Sebab satu tetas darah itu sangat berarti bagi kemanusiaan.

News Feed