English English Indonesian Indonesian
oleh

Unifa Masuk Top Lima PT Terbaik di Sulsel versi UniRank 2023

FAJAR, MAKASSAR-Pelan tapi pasti diusia masih muda 14 tahun Universitas Fajar (Unifa) menjadi kampus yang terus bertransformasi menjadi Entrepreneurial University yang ditandai dengan keterhubungan antara pendidikan, penelitian dengan inovasi dan kewirausahaan.

Prestasi demi prestasi telah diraih dan pemeringkatan pun semakin meningkat baik di level nasional maupun internasional. Terbaru, edisi Januari 2023, Unifa masuk dalam top 5 perguruan tinggi (PT) negeri/swasta di sulawesi selatan versi UniRank.

UniRank merupakan lembaga pemeringkatan universitas di dunia yang berkedudukan di Australia. Dalam membuat pemeringkatan universitas terbaik, kriteria yang digunakan UniRank ada tiga, pertama telah diakui dan terakreditasi oleh lembaga pendidikan pemerintah yakni Kemendikbudristek.

Kedua, menawarkan setidaknya jenjang pendidikan S1, atau pendidikan jenjang S2 dan S3. Ketiga memberikan pembelajaran formal baik berupa tatap muka, atau daring.

Dari kriteria tersebut, UniRank menempatkan Universitas Hasanuddin (Unhas) di urutan pertama. Diurutan kedua dan ketiga masing-masing Universitas Negeri Makassar (UNM) dan Universitas Muslim Indonesia, urutan keempat Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) dan Universitas Fajar (Unifa) menduduki urutan kelima.

Rektor Unifa Muliyadi Hamid mengapresiasi pemeringkatan UniRank dan menjadi Unifa masuk Top 5 PTN/PTS di Sulsel. “Proses ini memacu semangat untuk berkinerja lebih baik,” ucap Rektor.

Rektor Muliyadi pun menambahkan bahwa universitas terbaik tentunya menjadi tujuan masyarakat saat hendak melanjutkan pendidikan.

Deputi Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama, Ismail Marzuki akan terus menjalankan strategi berbasis riset dengan publikasi jurnal terindeks scopus dan shimago berdasarkan ketiga indikator penilaian yang digunakan yakni penelitian, inovasi dan dampak sosial. “Rangking tersebut menjadi motivasi meningkatkan kualitas dan kuantitas riset berbagai bidang,” jelas Assoc Profesor ini. (*)

News Feed