English English Indonesian Indonesian
oleh

PKS Makassar Siap Naikkan Gaji Saksi Pemilu

FAJAR, MAKASSAR-Partai politik (parpol) mulai menyiapkan calon saksi untuk Pemilu 2024. Saksi-saksi yang direktur itu memiliki militansi.

DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Makassar menjaring calon saksi yang akan disebar di seluruh TPS pada Pemilu 2024. PKS menargetkan, di Mei sudah dilakukan pelatihan saksi.

Ketua DPD PKS Makassar, Anwar Faruq mengatakan, pihaknya sementara mempersiapkan perekrutan saksi. “Kita minta mulai dari caleg, bacaleg, jika ada orang-orangnya ditunjuk bisa jadi saksi,” katanya.

PKS kata dia, tidak satu pun TPS di Makassar tanpa saksi. Mereka akan betul-betul diperkuat dengan pelatihan. “Kita pelatihan. Kita targetkan Mei sudah pelatihan saksi. Mulai saksi tingkat kecamatan, kelurahan dan TPS. Jumlahnya mengikuti jumlah TPS di Makassar pada Pemilu 2024,” katanya.

Anggota DPRD Makassar ini juga mengatakan bahwa, biaya saksi juga akan dinaikkan. “Paling tidak sama dulu itu Rp300 ribu plus konsumsi,” katanya.

Anwar mengatakan, bagi PKS, saksi ini sangat penting untuk mencegah terjadinya kecurangan. Bahkan kata dia, PKS ini sudah terkenal dengan saksinya yang kuat dan militan.

Saksi ini, juga sekaligus sudah menjadi kantong suara PKS. Khususnya untuk mengantarkan PKS mencapai target meraih kursi pimpinan di DPRD Makassar.

PKS Makassar menargetkan meraih 10 kursi dengan optimisme bisa meraih kursi disetiap dapil. Apalagi kata dia, empat petahana masih akan maju di DPRD Makassar, kecuali Yeni Rahman yang akan naik kelas ke provinsi.

Faruq pun mengaku tak khawatir karena di Dapil 5 yang merupakan dapil Yeni Rahman, justru paling banyak bacalegnya. “Di dapil 5 justru paling semangat untuk caleg-caleg baru dan saya melihat mereka sangat kompetitif,” ujar Anwar.

PDIP juga sebelumnya sudah menggelar pelatihan saksi untuk menghadapi Pemilu 2024. PDIP mempersiapkan saksi sejak dini karena dianggap sangat penting. “Saksi ujung tombak kemenangan pada Pemilu 2024 mendatang,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Sulsel, Ridwan Andi Wittiri.

Dia mengatakan, dengan pendidikan akan melahirkan saksi yang berkualitas. Sebab memahami tugas pokok dan fungsinya untuk mengawal dan mengamankan suara partai. (mum/)

News Feed