English English Indonesian Indonesian
oleh

Unhas Adakan HCP, Bekali Calon Alumni Personal Branding

FAJAR, MAKASSAR-Universitas Hasanuddin melalui Subdirektorat Penyiapan Karier menyelenggarakan Hasanuddin Career Program (HCP) batch 1, Selasa (31/1/2023) di Gedung IPTEKS Universitas Hasanuddin.

HCP adalah program penyiapan dan pengembangan potensi diri mahasiswa tingkat akhir dan fresh graduate Universitas Hasanuddin untuk menghadapi seleksi dunia kerja di bawah naungan Career Development Center (CDC) Universitas Hasanuddin. HCP terbagi menjadi 2 (dua) sesi, yaitu sesi materi dan simulasi tes TOEFL.

Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Penyiapan Karier Unhas, Sahriyanti Saad menjelaskan garis besar HCP dan rencana pelaksanaan program-program CDC ke depannya.

“HCP mengikuti jadwal wisuda untuk membekali calon alumni Universitas Hasanuddin, sehingga rencananya akan dilaksanakan sebanyak 8 (delapan) kali di tahun 2023,” jelasnya.

Ia menambahkan, “CDC juga memiliki program lain seperti career talk, career expo, campus hiring, dan sebagainya. Jadi jangan lupa untuk pantau terus informasi dari CDC melalui media sosial ya.”

Kegiatan ini dihadiri oleh 200 mahasiswa dan alumni Universitas Hasanuddin. Narasumber yang dihadirkan ialah Muh. Ilhamsyah Ekaputra A. Omar yang merupakan HRIS Department Head of Kalla Group dan Baso Alim Bahri S.Psi., M.Adm.SDA yang merupakan GM of HC & GA PT Charoen Pokphand Eastern Indonesia. Keduanya membawakan materi yang sesuai dengan tema HCP batch 1 yaitu “How to Prepare Your First Job”.

Acara dimulai dengan pemaparan materi oleh Ilhamsyah dengan topik “Personal Branding in the Digital Era”. Menurutnya, sebagai seorang lulusan baru yang pengalamannya masih kurang, salah satu aspek terpenting yang dapat menjadi poin unggul dalam proses pencarian kerja adalah personal branding yang bagus.

“Salah satu platform digital yang paling umum digunakan oleh para recruiters untuk menilai kandidat adalah LinkedIn. Perlakukanlah LinkedIn sebagai CV online kalian,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengimbau peserta untuk mencantumkan kompetensi dan pengalaman yang dimiliki dengan tertata, jelas, dan mudah dipahami.

Materi dilanjutkan dengan topik “Tips Sukses Interview untuk Freshgraduate” oleh Baso Alim Bahri. Ia menyampaikan pengalaman personalnya sebelum menjadi seorang GM dengan tujuan untuk menginspirasi peserta yang hadir.

Ia kemudian menjelaskan beberapa tips dan trik dalam wawancara kerja. “Jadi, poin utama dari kesuksesan sebuah interview adalah kepercayaan diri. Ceritakan dan ekspresikanlah dirimu, karena kalianlah yang paling tahu dengan diri sendiri,” tukasnya.

Terakhir, ia memaparkan contoh-contoh pertanyaan yang sering muncul dalam wawancara kerja, dan bagaimana menjawabnya untuk meyakinkan recruiters.

Kegiatan diakhiri dengan pelaksanaan simulasi test TOEFL yang didukung oleh lembaga Macca Education. Hal ini dilakukan dengan mengacu pada permintaan industri yang kian dinamis, di mana sebagian besar lowongan pekerjaan untuk lulusan baru membutuhkan kompetensi Bahasa Inggris yang berbasis sertifikat.

HCP diharapkan dapat menjadi persiapan bagi mahasiswa maupun alumni Universitas Hasanuddin sebelum menghadapi kompetisi dalam menemukan pekerjaan pertamanya. (*)

News Feed