English English Indonesian Indonesian
oleh

Unifa-BBPVP Makassar Siap Kolaborasi, Program RPL Bisa Kembangkan SDM

FAJAR, MAKASSAR-Rektor dan pejabat struktural Universitas Fajar (Unifa) Makassar memenuhi undangan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) yang berlokasi di Jalan Taman Makam Pahlawan Makassar, Senin, (30/1/2023).

Kegiatan silaturahmi yang dikemas dalam insigh sharing session membahas tentang kolaborasi keduanya dalam mengembangkan kerjasama melalui lembaga perguruan tinggi dengan penyelenggara pelatihan kerja BBPVP yang berada dalam naungan Kementerian Ketenagakerjaan RI ini.

BBPVP awalnya bernama Pusat Latihan Kejuruan Indonesia (PLKI) Ujung Pandang tahun 1977, berubah menjadi Balai Latihan Kerja Indonesia (BLKI) tahun 1978, kemudian 2006 menjadi Unit Pelayanan Teknis Pusat (UPTP), 2015 bernama BLK Makassar dan tahun 2020 bernama BBPVP sampai sekarang.

Kepala BBPVP Makassar, Dr Fitroh Hanrahmawan menganggap kampus Unifa sebagai mitra strategis dalam pengembangan pelatihan kerja, uji kompetensi, dan sertifikasi bagi mahasiswa dan masyarakat. “Kolaborasi ini tepat untuk keduanya”. Harap Kepala BBPVP Makassar ini.

Lebih lanjut Fitroh tertarik dengan program RPL yang dimiliki Unifa saat ini untuk pengembangan SDM. “Dan program RPL sangat menarik perhatian kami,” ujarnya.

Rektor Unifa Muliyadi Hamid mengusulkan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) untuk pengembangan SDM di lingkungan BBPVP. “Kerja sama ini saling menguntungkan keduanya termasuk program RPL,” ucap Rektor

Kedua lembaga menyepakati lebih lanjut untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dan pelatihan kerja yang dibutuhkan oleh pemerintah, industri, dan masyarakat. “Selanjutnya kami akan melakukan MoU dalam waktu dekat,” ungkap Deputi Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Ismail Marzuki

Dalam pertemuan juga dihadiri urut Deputi Rektor Bidang Umum dan Keuangan Ridwan Hasanuddin serta penanggung jawab RPL Ilham Safar. Sementara dari pihak BBPVP turut hadir seluruh ketua jurusan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Makassar. (*)

News Feed