English English Indonesian Indonesian
oleh

Penipu di WhatsApp Catut Nama Gubernur Sulsel

MAKASSAR, FAJAR — Kejahatan digital untuk menjebak atau menipu korbannya dengan scamming akhir-akhir ini membuat resah masyarakat. Dengan beredarnya modus penipuan yang mencatut nama sejumlah pejabat, baru-baru ini menyasar Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Penipu menggunakan aplikasi pada berbagai platform termasuk dengan jejaring media sosial (medsos) seperti WhatsApp (WA). Di antaranya, dengan menggunakan foto pejabat untuk kemudian berkomunikasi dengan calon korban.

Akhir-akhir ini cukup meresahkan dan menjadi sorotan karena sebuah akun WhatsApp dengan nomor +6281231876497 mencatut Andi Sudirman Sulaiman.

Dalam nomor ini terpampang foto profil Andi Sudirman menggunakan songkok recca dan jas tutup, juga tertulis nama lengkap gubernur termuda Indonesia ini.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Diskominfo-SP Sulsel, Yessy Yoanna Ariestiani, mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dengan berbagai modus penipuan yang mengatasnamakan pejabat di Pemprov Sulsel.

“Ini merupakan hal yang tidak bisa ditolerir karena mencatut nama orang apalagi seorang pejabat gubernur, yang bisa saja melakukan tindakan penipuan atas nama orang lain,” kata Yessy, Minggu, 29 Januari 2023.

Adapun nomor tersebut setelah dicek menggunakan aplikasi GetContact untuk mengindentifikasi nomor telepon telah disimpan dengan nama tertentu. Salah satunya muncul dan tercatat dengan nama penipu mengaku sebagai salah satu pejabat pemerintahan di salah satu provinsi di Pulau Jawa.

Lanjutnya, bahwa tindak penipuan atas nama pejabat tersebut merupakan tindakan tidak bertanggung jawab. Sehingga Pemprov Sulsel meminta kepada masyarakat untuk tidak menghiraukan jika mendapatkan pesan dengan modus meminta dana, menjanjikan sesuatu atau lainnya, yang dapat merugikan masyarakat.

News Feed