English English Indonesian Indonesian
oleh

Dosen Universiti Malaysia Terengganu Berbagai Pengetahuan Penelitian di UIM

FAJAR, MAKASSAR-Dua dosen dari Negara Malaysia dari Universiti Malaysia Terengganu berbagi pengetahuan penelitain di kampus Universitas Islam Makassar. Kegiatan ini dikemas dalam kegiatan workhsop metodologi penelitian dan penulisan jurnal bereputasi. Workhsop ini dilaksanakan di lantai 3 Gedung Rektorat UIM, Jumat 27 Januari 2023.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Badruddin Kaddas sebagai inisiator kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam mendukung kegiatan tridharma dosen dalam bidang penelitaian.

“Momen ini sangat penting bagi teman-teman dosen yang ada di FKIP, dalam menunjang kemampuan menulis artikel dan kajian motodologi dalam menerbitkan jurnal yang bereputasi dan terindeks scopus,” ujar Badruddin.

Pada kesempatan itu juga Rektor Universitas Islam Makassar, Majdah Muhyiddin Zain juga memberikan apresiasi kepada FKIP dan pemateri yang telah bersedia berbagi pengetahuan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dosen dalam kajian metodologi penelitian dan penulisan jurnal bereputasi bersama dengan civitas akademika UIM.

“Terima kasih kepada semua pihak khususnya FKIP yang telah menginisiasi kegiatan workhsop ini dan terima kasih kepada pemateri dari UTM mau berbagi pengetahuan dan pengalaman, semoga dengan adanya kegiatan ini, maka publikasi yang dilakukan dosen-dosen di UIM lebih meningkat lagi,” jelas Majdah.

Pada kegiatan workhsop itu, Prof. Madya Dr. Che Hasniza Che Noh memaparkan jurnal yang dikelola UMT, serta memberikan trik dalam mencari jurnal bereputasi.

Hasniza mengatakan bahwa format dan topik jurnal bereputasi sangat penting dipahami penulis agar tulisan yang dikirim kepada penerbit jurnal bisa diterima.

Selain itu, Isma Rosila Binti Ismail, yang juga merupakan salah satu dosen dari UMT yang juga sebagai pemateri menambahkan, bahwa UMT siap berkolabari dengan dosen-dosen UIM dalam melakukan penelitian, sehingga kajian pengetahuan dan pengembangan pengetahuan dapat dikembangkan dalam kegiatan menulis.

Wahyullah Alannasir, salah seorang dosen dari FKIP UIM mengaku memperoleh banyak pengetahuan baru dari kegiatan workhsop metodologi dan penulisan jurnal bereputasi yang dilaksanakan di UIM.

Bahkan menurutnya segera menyusun draf proposal penelitian yang relevan dengan kajian pemateri untuk dilakukan kolaborasi dalam rangka menghasilkan tulisan-tulisan yang berkualitas dalam rangka menunjang tugas dosen dalam bidang penelitian. (*)

News Feed