English English Indonesian Indonesian
oleh

Siap Berkoordinasi dengan Bawaslu, DSI Buka Peluang Tangani Kasus Sengketa Pilkada

FAJAR, MAKASSAR — Pengurus Dewan Sengketa Indonesia (DSI) Sulawesi Selatan resmi dilantik Rabu, 25 Januari 2023. Mereka dilantik langsung oleh Ketua Umum DSI Sabela Gayo di Hotel Horison Makassar.

Ketua Umum DSI, Sabela Gayo bersyukur organisasi kini hampir merambah seluruh wilayah di Sulsel. Dia berharap kehadiran DSI bisa memberi manfaat terhadap masyarakat. Terutama dalam memperjuangkan kasus sengketa hukum yang terjadi. Gayo mengungkapkan DSI memiliki mediator yang memiliki kualifikasi mumpuni di bidangnya.

Totalnya 1.225 mediator bersertifikat yang tersebar di Indonesia. “Kami harap DSI bisa menambah kuantitas para mediator sehingga semua pengadilan negeri dan agama di Sulsel bisa diisi oleh DSI,” ucapnya.

Tak hanya itu, seluruh DSI yang tersebar di kabupaten kota diharapkan untuk membuat kantor masing-masing.Tujuannya mempermudah masyarakat yang membutuhkan bantuan mediasi dari DSI.

Sejauh ini, DSI telah melayani dan membantu menyelesaikan beragam sengketa yang terjadi di masyarakat.Mulai dari sengketa pengadaan barang dan jasa, sengketa di pengadilan agama, sengketa waris, perceraian, pembagian harta bersama, hingga sengketa kontrak ekonomi syariah.

“Untuk penanganan yang dilakukan DSI fokus pada 47 kamar, khususnya sengketa yang bersifat perdata,” katanya.

Termasuk memfasilitasi penyelesaian sengketa mediasi apabila diminta oleh Bawaslu untuk memediasikan sengketa pemilu.

Sementara itu, Ketua DSI Sulsel Andi Ifal Anwar mengatakan, pasca pelantikan ini meraka akan mengambil langkah strategis secepat mungkin.DSI akan melakukan koordinasi dengan Forkopimda Sulsel untuk mendorong mediator di Sulsel menjadi mediator non hakim di 24 kabupaten kota.

News Feed