English English Indonesian Indonesian
oleh

Rektor Unifa-Bupati Wajo Teken MoU, Sepakati ASN Ikut Program RPL

FAJAR, MAKASSAR-Keberhasilan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digulirkan Universitas Fajar (Unifa) beberapa titik di daerah Wajo memberi manfaat bagi masyarakat Wajo.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rektor yang didampingi pejabat struktural Universitas Fajar saat memenuhi undangan Bupati Wajo di ruang rapat kantor Bupati, Jalan Rusa Nomor 17 Sengkang, Wajo, Rabu (25/1/2023).

Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang dicanangkan oleh Mendikbudristek yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja.

Bupati Wajo Amran Mahmud mengapresiasi kedatangan pimpinan Universitas Fajar dalam rangka silaturahmi dan pertemuan membahas program unggulan Unifa di Kabupaten Wajo.

“Setelah MoU ini kami harap Unifa segera mencatat ASN kami yang akan ikut program RPL bulan Maret mendatang,” ujar Bupati.

Ke depan lanjut Amran Mahmud meminta kepada Unifa untuk terus meningkatkan kerja sama secara konkret baik dalam bentuk pengabdian, penelitian, maupun pengembangan SDM ASN Pemda Wajo.

“Wajo butuh kajian akademis dan kolaborasi dengan Unifa,” ujarnya.

Rektor Unifa, Muliyadi Hamid mengapresiasi itikad dan keseriusan Bupati memberi ruang ASN dan masyarakat ikut melanjutkan program RPL Unifa tahun ini.

“ASN, Forkopimda, dan seluruh kepala desa diarahkan Bupati untuk melanjutkan pendidikan melalui program RPL Unifa,” jelasnya.

Deputi Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama Ismail Marzuki mengatakan, 8 program unggulan disepakati serta segera dilaksanakan yakni program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), magang/praktik kerja, kampus mengajar di satuan pendidikan, penelitian/riset, Sekolah teknik desa (STD), proyek kemanusiaan dan kegiatan wirausaha dan studi/proyek independen serta membangun desa melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik. “Enam diantaranya telah dijalankan oleh Unifa dalam dua tahun terakhir,” jelas Ismail Marzuki saat presentasi

Ismail Marzuki menambahkan bahwa dua program baru yakni program RPL dan penelitian/riset yang selanjutnya siap dijalankan tahun ini di Kabupaten Wajo.

“Pertemuan ini untuk memastikan program RPL dapat dilaksanakan di Wajo dalam waktu dekat”. Jelas Assoc Profesor ini

Deputi Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Muhammad Bisyri menjelaskan bahwa Unifa saat ini semakin yakin untuk tetap mengimplementasikan program MBKM.

“Apresiasi pemda Wajo  terkait MBKM sangat pantastis dan memuji raihan Gold Winners pada 2 kategori yang telah diperoleh Unifa secara bersamaan tahun 2022 lalu,” tutur dosen FEIS ini.

Turut hadir dalam pertemuan Ketua LP2MI Muhammad Chaerul dan Ketua Prodi Sastra Inggris Unifa Andi Febriana Tamrin serta jajaran Forkopimda serta Kepala Desa se-kabupaten Wajo. (*)

News Feed