English English Indonesian Indonesian
oleh

Kakek 85 Tahun Ajukan Penangguhan Penahanan

FAJAR, MAKASSAR– Kakek berusia 85 tahun, Gaddong Dg Ngewa kini sedang berjuang mempertahankan haknya. Namun dia kini dijadikan tersangka, dalam kasus penyerobotan lahan. Kini kasusnya telah disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Makassar.

Penasihat hukum terdakwa Gaddong, Herry Syamsuddin mengatakan perkara kliennya sudah memasuki sidang yang keenam kalinya. Pihaknya sudah mengajukan penangguhan penahanan sejak dua pekan lalu dipersidangan.

Salah satu dasar pengajuan penangguhan penahanan tersebut adalah karena usia yang sudah lansia. Selain itu pihak keluarga juga menjamin bahwa terdakwa tidak akan melarikan diri.

“Penangguhan penahanan sudah kami ajukan dua pekan lalu. Kami juga selalu mempertanyakan permohonan kami ke majelis hakim dan dikatakan tunggu,” kata Herry, Kamis, 19 Januari, 2023.

Lebih lanjut Herry menuturkan perkara yang menjerat kliennya awalnya dimulai dari saat pengalihan hak garapan tanah seluar 1.500 meter persegi yang terletak di Jalan Metro Tanjung Bunga, Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate, Makassar kepada Johannes Benny Tungka pada 9 Maret 2012.

Setelah itu terdakwa  melakukan pemetaan baru pada sebelah baratnya seluar 5,8 hektare. Kemudian terbit surat  pernyataan penguasaan fisik dan tanah (SPORADIK) tanggal 12 Februari 2019 disaksikan oleh ketua RT 11 dan Ketua RW 06 serta di registrasi oleh Lurah Maccini Sombala Nomor: 590/003/KMS/III/2019 Tanggal 14 Maret 2019.

Tanah 5,8 hektare ini yang dikuasai kliennya yang dianggap menyerobot oleh pihak yang telah mengusai lahan yang diberikan Johannes   ke pihak lain. Perkara ini juga sempat dipraperadikan pada tahun 2020 dan dimenangkan.

Namun perkara tersebut kembali diangkat dan kliennya kembali ditetapkan tersangka pada tahun 2022. Setelah itu kembali diajukan praperadilan dan gugatan tersebut ditolak.

“Kami hargai putusan pengadilan. Kami akan membuktikan semuanya dalam perkara ini. Kami mohon klien kami ditangguhkan penahananya karena faktor usia dan kesehatan, dia sudah lansia,” akunya. (edo)

News Feed