English English Indonesian Indonesian
oleh

Kejari Bone Masifkan Sadar Hukum Sejak Dini

FAJAR, BONE — Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri (Kejari) Bone menggelar penyuluhan hukum di SMAN 2 Bone, Kamis, 19 Januari 2023.

Kegiatan bertajuk Jaksa Masuk Sekolah (JMS) ini dibukan langsung oleh Kepala SMAN 2 Bone, Muhammad Tahir. Ada 50 siswa-siswi yang hadir.

Kepala Seksi Intelijen Kejari Bone, Andi Hairil Akhmad menuturkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah pengetahuan pelajar tentang hukum dan perundang-undangan. Agar mudah memahami dan melaksanakan aturan hukum yang berlaku, serta menciptakan generasi taat hukum.

“Pada kegiatan ini, ada dua materi yang diberikan. Yakni narkoba di kalangan pelajar, dan bahaya cyberbullying,” jelasnya.

Dalam pemaparan materi, narasumber menyampaikan tentang pengertian narkoba, jenis-jenis dan golongan narkoba, dan ancaman pidana bagi pelaku, pengedar, dan penyalahgunaan narkotika.

Baginya, materi narkoba dikalangan pelajar ini sangat penting. Karena saat ini narkoba masuk dalam kategori extraordinary crime yang banyak mengincar kalangan anak-anak dan remaja untuk dijadikan pengedar dan kurir narkoba.

“Sehingga diharapkan, siswa-siswi dapat mengetahui bahaya serta ancaman pidana bagi penyalahguna maupun pengedar. Serta dapat menjauhi narkoba,” imbuh Hairil.

Selain itu, bahaya cyberbullying membahas terkait tindakan cyberbullying yang marak terjadi di sosial media, dampak pada korban, serta Undang-undang ITE.

Dengan adanya materi ini, siswa-siswi makin bijak dalam menggunakan media sosial. Apalagi di era keterbukaan informasi saat ini, perlu adanya edukasi tentang bagaimana etika bermedia sosial bagi pengguna internet sehingga kasus cyberbullying dapat diminimalisasi.

News Feed