English English Indonesian Indonesian
oleh

TPS Sulsel Capai 27.770 Titik

FAJAR, MAKASSAR-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel telah memetakan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pemilu 2024. Totalnya 27.770 TPS untuk di 24 kabupaten kota.

Komisioner KPU Sulsel, Uslimin mengatakan berdasarkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) hasil sinkronisasi oleh KPU RI, 24 KPU kabupaten kota bersama PPK-nya, telah memetakan total 27.770 TPS. Setiap TPS maksimal 300 pemilih. “Itu sudah dengan TPS lokasi khusus di Lapas dan Rutan,” beber Uslimin kepada FAJAR, Senin, 16 Januari 2023.

Untuk TPS lokasi khusus di Lapas dan Rutan KPU Sulsel pun telah memetakan dan sosialisasikan, serta melakukan rapat kerja bersama dengan Kanwil Kemenkum HAM. Termasuk para pembimbing Lapas dan Rutan di Sulsel. “Saat ini kami sudah siapkan 23 TPS Lapas dan 27 TPS Rutan,” katanya.

Sementara itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga sudah mulai melakukan identifikasi TPS untuk Pemilu 2024. Secara nasional Bawaslu telah mengidentifikasi 3.189 lokasi khusus dan Sulsel ada sekitar 27 lokasi.

Komisioner Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad mengatakan data 27 TPS khusus tersebut masih kemungkinan bertambah karena saat ini Bawaslu kabupaten/kota belum seluruhnya menyampaikan ke Bawaslu Provinsi.

Berdasarkan data Bawaslu Sulsel yang menjadi TPS khususnya yakni rumah Tahanan atau Lapas, rumah sakit, panti sosial, dan beberapa tempat pendidikan yang diasramakan. “Kan tempat-tempat semua itu harus difasilitasi. Tapi kemungkinan akan bertambah karena teman-teman sementara melakukan pemetaan dan masih bertambah,” jelas Saiful. (mum/*)

News Feed