English English Indonesian Indonesian
oleh

Kades Patangkai Gandeng TNI Lakukan Pemberdayaan UMKM

FAJAR, BONE – Lakukan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal, Kepala Desa (Kades) Patangkai, Kecamatan Lappariaja menggandeng TNI.

Kades Patangkai, Syamsul Jaya menuturkan pihaknya terus berupaya agar bagaimana bisa terus terjadi perputaran ekonomi di wilayahnya. Maka dari pihaknya membuka lahan usaha yang bekerja sama dengan pihak TNI untuk digunakan lahannya.  “Lokasi usaha tersebut kita beri nama Cafe Mako (Markas Komando) Pujasera (Pusat Jajanan Serba Ada),” ucapnya.

Kata dia, saat ini beridiri 38 tenan dalam rangka pemulihan ekonomi yang meramaikan lokasi milik TNI di Dusun Leppangeng. Para pelaku usaha di lokasi tersebut meraup keuntungan belasan juta perbulannya.

“Sejak adanya tenan-tenan ini beberapa bulan terakhir, lokasi di sini jadi ramai. Mereka mendapat keuntungan 300-400 ribu perhari. Kalau malam Minggu, bisa mendapatkan 3-4 juta satu malam,” tuturnya.

Ia juga mengatakan para pelaku usaha tersebut membayar 20 ribu perhari untuk listrik dan sebagainya. Mereka juga menyetor 2 juta perbulan untuk Pendapatan Asli Desa (PAD).

Kemudian ia mengatakan para pelaku usaha ini bukan cuma dari Kecamatan Lappariaja, tetapi juga ada yang berasal dari kecamatan tetangga seperti Kecamatan Lamuru dan Kecamatan Bengo.

“Kegiatan usaha ini juga membuka lapangan kerja. Satu tenan itu mempekerjakan 3-4 karyawan. Nanti juga kami akan menyediakan WC dan penertiban lokasi parkir,” paparnya. (saenal/*)

News Feed