English English Indonesian Indonesian
oleh

Liga 2 Setop, Liga 1 Tanpa Degradasi

JAKARTA, FAJAR — Rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang berlangsung Kamis, 12 Januari 2023, memutuskan lanjutan kompetisi Liga 2 musim 2022/2023 resmi dihentikan.

Dalam rapat tersebut juga diputuskan, Liga 1 akan tetap berjalan sesuai agenda dan tanpa ada degradasi. Hal ini karena penyesuaian kompetisi Liga 2 yang tidak berjalan.

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi menyampaikan, keputusan ini diambil berdasarkan berbagai faktor. Khususnya hal-hal yang disepakati dqlam rapat exco.”Ada permintaan dari sebagian besar klub Liga 2 yang menginginkan kompetisi tidak dilanjutkan. Ini karena tidak ada kesesuaian konsep pelaksanaan lanjutan kompetisi antara klub dan operator, juga karena Liga 2 sangat sulit diselesaikan sebelum Piala Dunia U20 pada 20 Mei,” jelasnya.

Yunus Nusi juga menyampaikan, alasan lain yang menyebabkan tidak adanya lanjutan Liga 2 karena rekomendasi dari tim transformasi sepak bola Indonesia pasca tragedi Kanjuruhan, terkait sarana dan prasarana yang belum memenuhi syarat.Kemudian, Perpol Nomor 10 Tahun 2022 juga mengamanatkan, proses perizinan yang baru dengan memperhatikan periode waktu pemberitahuan, pengajuan rekomendasi dan izin, hingga bantuan pengamanan, turut menjadi pertimbangan.

”Dalam rapat Exco tersebut juga memutuskan dan memerintahkan kepada PT LIB untuk memfasilitasi pembentukan operator baru Liga 2,” bebernya.

Kemudian, untuk wakil Indonesia di kompetisi AFC musim 2023/2024, PSSI akan menggelar play-off yang diikuti oleh juara Liga 1 2021/2022 versus juara Liga 1 2022/2023.Selain itu, Liga 3 putaran Nasional juga resmi dihentikan.

News Feed