English English Indonesian Indonesian
oleh

Baju Formal Ala Kantoran, Tetap Tampak Casual

FAJAR, MAKASSAR-Setiap tahunnya selalu ada tren fashion baru yang muncul ataupun tren lama yang kembali muncul. Perubahan gaya hidup masyarakatnya, sangat memengaruhi terhadap perkembangan tren fashion tersebut.

Sebut saja tahun ini, perempuan asal Makassar Andi Nirmala Sari memperkenalkan brand fesyen terbarunya NS Collection yang mengangkat konsep formal casual ala kantoran.

Model baju jas sepasang dengan celana atau pun rok, ia buat untuk mendobrak kembali model baju tahun ini. Model baju tersebut tak sekadar dipakai kantoran, tetapi bisa dipakai hangout atau jalan diberbagai suasana. Kepada FAJAR saat ditemui, di Jl Mappanyukki, Sabtu, 7 Januari. Owner Ns Collection, Andi Nirmala Sari mengatakan sebetulnya model baju ini ia buat dari idenya sendiri dan awalnya karena kebutuhan pribadi.

Berhubung ia senang memakai luaran atau outer seperti jas, sehingga ia mencoba meminta desainer atau temannya sendiri membuatkan rancangan baju yang terlihat formal namun tetap casual.

“Saya buatlah beberapa baju, tak hanya jasnya saja tetapi juga meminta dibuatkan sepasang dengan bawahan seperti celana atau roknya,” tuturnya.

Setelah baju tersebut jadi, kata Andi Nirmala, ia pakailah bekerja dan kemana-mana. Saat itu, tepatnya Desember 2022 temannya mulai melihat dan bertanya mau juga membeli model demikian.

“Disini saya berfikir bagaimana kalau saya yang buatkan. Nah dari sini muncullah ide kalau saya buat saja usaha fesyen yang selama ini saya impikan. Tapi dibantu desainkan oleh teman,” ucap putri dari pasangan Andi Syamsuddin Malaka dan Andi Nurhaedah Dolly ini.

Andi Nirmala membuat desain jas formal casual kantoran tersebut dengan menyajikan motif beragam. Dari motif garis-garis, warna berani, home ware dan soft sehingga bisa juga dipakai oleh mereka yang berhijab.

“Kalau pemilihan warnanya saya dan tim berani mengambil warna yang tidak komersil, tetapi universal dan mengikuti trend yang update saat ini. Ala request juga bisa,” tuturnya.

Mereka yang ingin dibuatkan, Kata perempuan kelahiran 14 April 1986 ini, sebetulnya juga bisa request sesuai keinginan.

Sebut saja baru-baru ini ada yang sudah request jas dengan garadasi dua warna. Sehingga dibuatlah satu jas dengan perpaduan dua warna yang ditampilkan.

“Kita kasih nama black series, two colour dan gradasi. Kalau motifnya juga sementara hunting. Sedangkan market pasarnya kami memang lebih ke perempuan dewasa,” tuturnya.

Desainer NS Collection, Alimin Salam mengatakan untuk bahan dari koleksi ini memakai bahannya premium, namun juga akan disesuiakna dengan requesan konsumen.

Bahkan kata Mimin sapaannya, jika ada yabg ingin dibuatkan maka lebih dulu membaca dari karakter si pemesan dan diberikan saran. Namun mengutamakan keinginan konsumen.

“Intinya bahannya ini kita pertimbangan pemakainya nyaman, basic mengikuti perkembangan zaman dan nyaman di pakai kemanapun sehari-hari,” ujarnya.

Sementara untuk memesannya, baru akan launching Februari mendatang. Saat ini masih sekedar promosi di instagram di akun NScollection_official_id. Sistem pesan online dengan waktu pembuatannya dua minggu selesai.

Model sekaligus Pemakai Jas ND Collection , Setya Ayu mengatakan ia tak munafik bahwa walaupun brand baru dan lokal tetapi desain dan model bisa bersaing. Untuk bahannya, Kata Setya Ayu memakai bahan premium jas pada umumnya tetapi nyaman digunakan dan ringan dipakai jalan. “Apalagi kan saya berhijab, ini modelnya universal dan menyesuaikan. Saya senang sih pakai karena modelan outer yang casual,” jelasnya. (wis/*)

News Feed