English English Indonesian Indonesian
oleh

Kolaborasi Universitas Tanjungpura dan Kodam XII Siap Sukseskan KKN Kebangsaan

FAJAR, PONTIANAK-Rektor Universitas Tanjungpura, Prof Garuda Wiko bersama rombongan diterima melakukan audiensi dengan Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto, Jumat, 6 Januari 2023 di Ruang Transit Pangdam Xll/Tpr. Ini untuk membicarakan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan XI tahun 2023 yang dipusatkan di Uniersitas Tanjungpura.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut adalah Kolonel Inf Narfiansyah, S.A.P M.Si, Pamen Ahli Bid OMP Xll/Tpr; Kolonel Inf Abdullah Jamali, Asintel Kasdam Xll/Tpr; Kolonel Inf Ruddy Trenggono, S.Sos, Aster Kasdam Xll/Tpr; Letkol Inf Ibrahim Amin, S.Pd M.H, Pabandya Komsos Sterdam Xll/Tpr.

Hadir juga Dr Ahmadi, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan; Dr Radian, Wakil Rektor Bidang Pendidikan; Dr Hasrullah, Tim Pengembang KKN Kebangsaan; Dr Eka Priadi, Ketua Panitia KKN Kebangsaan XI 2023, dan Dr Iqbal Arsyad, Wakil Ketua KKN Kebangsaan XI 2023.

Dalam rilisnya, suasana Pertemuan antara Rektor Universitas Tanjungpura dan Pengdam XII/Tanjungpura membicarakan Pelaksanaan KKN Kebangsaan XI 2023 setelah Untan ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sebagai Tuan Rumah Penyelenggara

Rektor Universitas Tanjungpura dalam kesempatan ini menyampaikan beberapa informasi kepada Panglima. Penunjukan Universitas Tanjungpura sebagai host atau tuan rumah penyelenggara KKN Kebangsaan XI Tahun 2023 tidak tunjuk begitu saja, melainkan melalui sebuah kompetisi nasional diantara berbagai universitas di Indonesia yang juga berkeinginan yang sama untuk menjadi tuan rumah.

Kompetisi akhirnya dimenangkan oleh Universitas Tanjungura berdasarkan penetapan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi No. 8218/E2/DT.01.01/2022 tanggal 17 November 2022. Pelaksanaan KKN Kebangsaan XI Tahun 2023 ini diperkirakan akan berlangsung sekitar Bulan Juli – Agustus 2023.

Rektor Untan menyampaikan kepada Panglima bahwa peserta KKN Kebangsaan 2023 ini akan dihadiri oleh mahasiswa perwakilan universitas PTN dan PTS dari Sabang hingga Merauke; sekitar 750 sedang 1.000 orang mahasiswa; termasuk diantaranya adalah mahasiswa universitas dari negara Malaysia yang dijatah sebanyak 15 orang.

Tempat pelaksanaan KKN Kebangsaan XI 2023 ini adalah kawasan perbatasan di Kabupaten Sambas dan Bengkayang. Khusus peserta dari Malaysia yang akan hadir sebanyak 15 orang itu akan disebar di berbagai post (desa).

Rektor meminta dukungan, dorongan dan masukan kepada Penglima tentang kegiatan yang akan dilakukan dalam Program KKN Kebangsaan XI 2023 ini. Bak, pucuk dicinta, ulam pun tiba; Panglima pun menyampaikan selamat atas penunjukan UNTAN sebagai tuan rumah KKN Kebangsaan XI 2023.

Penglima juga menyadari bahwa tidak mudah untuk memenangkan kompetisi nasional sebagai penyelenggara KKN Kebangsaan ini. Oleh karena itu, Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan kegiatan nasional di Kalbar ini.

Panglima siap mengerahkan bantuan mobilisasi mahasiswa dari Pontianak ke Kabupaten, Mengirim dan Melibatkan Satgas Pengamanan Perbatasan. Panglima juga akan menyediakan atraksi terjun payung saat acara pembukaan dan akan melibatkan dua Kodim dan seluruh Babinsa yang menjadi lokasi kegiatan.

Tidak hanya itu, Panglima juga mengusukkan agar kegiatan KKN Kebangsaan XI 2023 ini diisi dengan Program Mengajar di Perbatasan, Penyuluhan Kesehatan dan Pelibatan Masyarakat bersama TNI dalam mewujudkan Pagar Hidup Perbatasan dalam menjaga kedaulatan negara dari berbagai tindak kejahatan: jalur gelap pengiriman TKI, kawasan perdagangan gelap, penyeludupan manusia terutama wanita, pintu masuk narkotika dan lain sebagainya.

Dukungan dan semangat yang diperlihatkan Pangdam saat audiensi dengan Rektor Untan dalam membahas agenda KKN XI 2023 ini sangat terlihat. Rektor juga berharap upaya-upaya yang sedang dipersiapkan UNTAN untuk menjadi Tuan Rumah KKN Kebangsaan XI 2023 ini akan sukses dan meninggalkan manfaat, baik bagi daerah maupun bagi masyarakat Kalimantan Barat. (rls/*)

News Feed