English English Indonesian Indonesian
oleh

Pasar Sentral Terbakar

Beberapa pedagang berusaha menyelamatkan barang dagangannya dari kobaran api.
Dua petugas dari Damkar Kota Makassar berusaha memadamkan api yang membakar lapak pedagang di Depan Pasar Sentral.
Pedagang menyelamatkan barang yang bisa terselamatkan dari api yang membakar kios mereka di depan Pasar Sentral.

FAJAR, MAKASSAR-Api itu mengamuk lagi. Si jago merah berkobar dengan ganasnya. Lapak-lapak di pedagang di Blok B Kompleks Pasar Sentral pun hangus terbakar, Selasa, 27 Desember 2022. Data sementara ada 931 kios pedagang yang terbakar. Kerugian pedagangan belum bisa ditaksir. Dominan korban merupakan penjual pakaian dan gorden yang membangun lapak-lapak di sekitar New Makassar Mall.

Puluhan armada kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Awalnya 21 unit armada, namun api belum bisa dikendalikan. Damkar tambah menjadi 48 unit pemadam dan 6 unit pembantu juga dikerahkan. Total 54 armada yang harus berjibaku memadamkan api. Proses pemadaman berlangsung lima jam sampai pendinginan. Bisa dibayangkan betapa besarnya api yang mengepung lapak-lapak pedagang itu.

Kebakaran di Pasar Sentral bukanlah kali pertama terjadi. Selalu berulang sejak tahun 1990. Kemudian, terjadi pula pada 28 Juni 2011 dengan 3.000 lebih lapak ludes terbakar. Termasuk membakar habis semua lapak Departemen Store Matahari. Pada 6 November 2013 juga sejumlah kios terbakar. Pada 8 Mei 2014, sebanyak 700 lapak pedagang dan 106 ruko ludes terbakar. (*)

FOTO-FOTO TAWAKKAL/FAJAR

News Feed