English English Indonesian Indonesian
oleh

Dua Kombes dan Tujuh Jabatan Kapolres di Sulsel Digeser

FAJAR, MAKASSAR-Mutasi kembali terjadi di tubuh Polri. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi besar-besaran terhadap 704 perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (pamen). Sebanyak tujuh jabatan Kapolres di jajaran Polda Sulsel mengalami pergeseran pada mutasi yang tertuang dalam empat surat telegram ditandatangani Asisten SDM Kapolri, Irjen Pol Wahyu Widada pada 23 Desember 2022.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Komang Suartana, membenarkan perihal mutasi yang turun langsung dari Mabes Polri tersebut. Rata-rata pejabat di jajaran Polda Sulsel hanya mengalami pergeseran, terutama untuk jabatan Kapolres.

“Mutasi sudah turun dari Mabes Polri. Dimana Polda Sulsel itu yang kena mutasi untuk Kombes ada dua orang. Kapolres ada tujuh orang,” ujarnya kepada FAJAR, Minggu, 26 Desember.

Komang merinci, untuk pangkat Komisaris Besar Polisi atau Kombes, mereka yang dimutasi adalah Kabid Propam Polda Sulsel, Kombes Pol Agoeng Adi Koerniawan digantikan AKBP Zulham Effendy dari Wadirreskrimsus Polda Jatim.

Lalu ada Kombes Pol Raspani Auditor Kepolisian Madya TK. III Itwasda Polda Sulsel diangkat dalam jabatan baru sebagai Dirpolairud Polda Kalbar.

Adapun untuk tujuh jabatan Kapolres yang masuk dalam mutasi kali ini, disebutkan Komang, masing-masing yakni AKBP Yudha Wirajati Kusuma dari Kapolres Barru jadi Kabagbingkar Ro SDM Polda Jabar. Dia digantikan AKBP Dodik Susianto Danyontar I Mentarsis Ditbintarlat Akpol.

AKBP Santiaji Kartasasmita dari Kapolres Soppeng jadi Kapolres Pinrang. Dia menggantikan AKBP Moh Roni Mustafa yang diangkat jadi Wadirlantas Polda Kaltim.

AKBP Muh Yusuf Usman dari Kapolres Palopo menjadi Kapolres Soppeng. Dia digantikan AKBP Safi’i Nafsikin yang sebelumnya menjabat Kanit 4 Subdit II Ditpidsiber Bareskrim Polri.

AKBP Ardiansyah dari jabatan Kapolres Bone jadi Kapolres Bulukumba. AKBP Arief Doddy Suryawan dari Kapolres Enrekang jadi Kapolres Bone.

Lanjut, AKBP Dedi Surya Dharma dari Kasubbidpaminal Bidpropam Polda Sulsel, jabat Kapolres Enrekang.

Terakhir ada AKBP Tri Gofaruddin Pulungan dari Kapolres Gowa jadi Kabagbinkar Ro SDM Polda Bali. Dia digantikan AKBP Reonald Truly Sohumuntal Simanjuntak dari Kasatreskrim Polrestabes Makassar.

“Jadi ada yang keluar Sulsel, ada yang sekitar Sulsel,” tukasnya.

Komang menandaskan, untuk tindak lanjut dari mutasi tersebut, nantinya akan dilakukan serah terima jabatan paling cepat 14 hari setelah surat telegram rahasia tersebut turun.

“Untuk serah terima nanti kita menunggu perintah dari bapak Kapolda. Kapan dilaksanakan, kan biasanya 2 Minggu atau 14 hari setelah TR turun. Nah itu akan diserah terimahkan,” tandasnya.

Sebelumnya, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Dodi Prasetyo juga membenarkan perihal perintah mutasi yang diturunkan Kapolri. Menurut dia, mutasi merupakan hal yang biasa dalam rangka penyegaran di tubuh organisasi.

“Mutasi hal yang biasa dalam organisasi sebagai tour of area and tour of duty dan penyegaran serta promosi,” ujarnya.(maj)

News Feed