English English Indonesian Indonesian
oleh

Dosen Universitas Handayani Bahas Peningkatan SDM UMSi, Dibutuhkan Talenta Digital

FAJAR, MAKASSAR-Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSi) menggandeng Universitas Handayani (UHM) dalam meningkatkan kapasitas SDMnya. Dengan SDM yang berdigitalisasi entrepreneurship.

Salah satu pemateri yang juga Dosen UHM, Muhahammad Risal S.Kom, MT, menuturkan dalam 15 tahun ke depan, Indonesia diperkirakan membutuhkan talenta digital sebanyak sembilan juta orang atau 600 ribu orang per tahun. Diperkiran pengembangan keterampilan digital diperkirakan akan memberikan kontribusi yang besar terhadap Indonesia

ā€œPemanfaatan talenta digital ini juga akan berperan sebagai akselerator bagi wirausaha dan menjadi peluang bagi generasi muda. Karena emerintah berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan civitas akademika dalam mengembangkan ekosistem kewirausahaa,ā€ ujarnya, Jumat, 23 Desember.

Kabag Humas UHM, Nurmadina Hs, mengatakan Kegiatan tersebut merupakan realisasi memorandum of understanding (MoU) antara UMSi bersama Universitas Handayani Makassar. Dimana pematerinya adalah dari dosen UHM.

Dari kegiatan tersebut, ia berharap selain meningkatkan kualitas SDM juga mempererat hubungan kerja sama antara perguruan tinggi, dan dosen. Sekaligus mahasiswa dapat melihat peluang usaha digital khususnya menghasilkan wirausaha digital pada prodi perencanaan wilayah kota (PWK) UMSi sebagai output dari kerja sama tersebut.

Rektor UMSi, Dr. Umar Congge, S.Sos., M.Si, mengatakan Universitas Handayani Makassar merupakan kampus yang disiplin ilmunya teknologi informasi dan komunikasi ini menjadi keunggulan dalam meningkatkan SDM UMSi.

Menurutnya, peningkatan kualitas SDM perlu dilakukan UMSi guna mendorong aktivitas kewirausahaan dalam mencetak mahasiswa entrepreneurship digital yang saat ini masih rendah, yakni sekitar 3,47 persen dari total populasi.(mil/)

News Feed