English English Indonesian Indonesian
oleh

Bawa Kopi Arabika Kalosi Mendunia, Abd Rahim Raih Penghargaan UMKM Terbaik OJK

FAJAR, MAKASSAR– Cita rasa Kopi Arabika Kalosi asal Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan sudah tak diragukan lagi. Hingga saat ini sudah dikenal dunia.

Salah satu tokoh pelopor kopi khas pengunungan Kabupaten Enrekang itu adalah, Abd Rahim melalui branding Kopi Asik.

Pembuktian itu ditunjukan setelah meraih penghargaan terbaik sebagai UMKM Berdaya Saing, Maju, dan go Internasional (Baji’na) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 6 di Makassar, Senin (19/12/2022).

Penyerahan hadiah secara simbolis diberikan langsung oleh Direktur Enterprise dan Commercial Banking BNI, Muhammad Iqbal. “Dari 70 peserta se-Sulawesi Selatan, Alhamdulillah kita yang terpilih sebagai yang terbaik dari kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan,” ujar Abd Rahim, Selasa, (20/12/2022).

Abd Rahim mengatakan, Kopi Asik sejatinya mulai berdiri sejak tahun 2015. Dia mengangkat tema Cita Rasa Teras Anak Kampung.Toko Kopi Asik sendiri beralamat di Desa Karueng, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Kopi Asik memiliki standar prosedur produksi sesuai ketentuan kelayakan cara produksi pangan olahan. Terutama pengolahan yang baik dengan aturan yang diberlakukan.”Saya selalu mengangkat produk-produk unggulan daerah untuk masuk di kancah Internasional,” katanya.

Penghargaan yang diperoleh dirinya tak lepas dari bentuk pendampingan dan kepedulian dari pemerintah daerah Kabupaten Enrekang dan perbankan terhadap sektor UMKM.

Harapannya, Branding Kopi Kalosi Indonesia ini bisa menjadi bagian peningkatan komoditi unggulan suatu daerah. “Khususnya masyarakat petani kopi dengan tujuan panen, olah, dan nilai jual,” tuturnya. (sal/*)

News Feed