English English Indonesian Indonesian
oleh

Usai Raih Penghargaan Pelayanan Administrasi Kependudukan dari Gubernur Sulsel, Disdukcapil Makassar Siap Terapkan KTP Digital

FAJAR, MAKASSAR– Pemerintah Kota Makassar mendapatkan penghargaan capaian Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) kategori dukungan daerah dalam penguatan pelayanan administrasi kependudukan.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Provinsi Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, dalam acara ‘Penghargaan Pencapaian Disdukcapil Provinsi Sulsel’ yang digelar di Hotel Claro, Rabu (14/12/2022).

Pembuktian administrasi tersebut membuat, Pemerintah Kota Makassar akan menerapkan penggunaan KTP Digital. Program ini merupakan turunan program pemerintah pusat yang dapat diakses melalui aplikasi Digital ID.

Kepala Disdukcapil, Makassar Muh Hatim mengatakan Digital ID akan dimulai pada ASN maupun Laskar Pelangi lingkup pemerintah Kota Makassar.

“Saya nanti konsultasi dengan pak wali, mohon izin untuk dibuatkan surat edaran terkait pengaktifan dari setiap ASN dan juga Laskar Pelangi,” ucapnya usai menerima penghargaan.

Penghargaan itu diterima oleh Kepala Disdukcapil Makassar mewakili Wali Kota Makassar Danny Pomanto, dalam kegiatan Launching Digital ID.

Menurutnya, Digital ID ini menjadi solusi dari terbatasnya blangko KTP. Ketika sudah ada izin penggunaan Digital ID, Disdukcapil Makassar akan menggelar sosialisasi kepada elemen masyarakat.

“Kami juga akan sosialisasi ke kecamatan-kecamatan, untuk sementara ke kantor-kantor dulu,” ujar Hatim sapaannya. Sejauh ini kendalanya kata dia ada di jaringan dan perangkat serta aplikasi yang tersedia baru untuk android. Sementara pengaktifannya harus langsung di Kantor Disdukcapil. (sal)

News Feed