English English Indonesian Indonesian
oleh

Tradisi Massempe Masyarakat Otting, Adu Kekuatan Kaki

FAJAR, BONE – Dikenal dengan Kota Beradat. Masyarakat Kabupaten Bone terus menjaga tradisi Massempe di tengah gempuran digitalisasi.

Hal itu terbukti dari gelaran yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kelurahan Otting, Kecamatan Tellu Siattinge, Kabupaten Bone, Senin, 13 Desember 2022.

Diketahui Massempe adalah tradisi adu kekuatan kaki yang biasanya dilakukan oleh dua orang pria untuk menjatuhkan lawan, namun tidak diperbolehkan menggunakan tangan.

Tradisi tersebut, kerap dilakukan oleh warga di Kabupaten Bone setiap usai panen padi. Permainan rakyat tersebut sudah berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu yang dimaksudkan sebagai rasa syukur atas panen yang berlimpah dan sebagai ajang silaturahmi antarwarga kampung.

Sebelum pertarungan dimulai, para jawara kampung mengelilingi arena permainan, sambil bertepuk tangan, sebagai pertanda para jawara tersebut mencari lawan tanding.

Lurah Otting Andi Erwin Baso menerangkan gelaran tersebut sebagai wujud rasa syukur masyarakat setelah melakukan panen. Maka dari itu mereka menggelar pesat panen dengan berbagai kegiatan, salah satunya Massempe

Lebih lanjut Andi Erwin menjelaskan tradisi Massempe tersebut, mirip dengan olahraga pencak silat dan taekwondo, namun dalam pertarungan, para peserta tidak diperkenankan menggunakan tangan, melainkan menyerang dengan menggunakan kaki.

“Tradisi Massempe ini dipimpin oleh dua orang wasit sehingga jika salah seorang peserta ada yang berbuat curang, maka kedua wasit cepat bertindak, dengan melerai kedua peserta, dengan cara mendekap peserta, kemudian menjauhkan dari lawannya,” tuturnya.

Usai bertarung, para peserta langsung berjabat tangan, dengan dipandu oleh kedua wasit, sehingga ketika acara tersebut sudah bubar, maka tidak ada rasa dendam di antara para peserta.

“Jadi kita laksanakan itu setelah panen. Ini adalah bentuk rasa syukur kami kepada maha kuasa karena telah diberikan hasil panen yang berlimpah,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Bone Andi Akhiruddin menuturkan sebagai daerah nyang beradat dan kaya aka kebudayaan hal seperti ini patut untuk dilestarikan. Apalagi ini sudah menjadi hajatan turun temurun masyarakat setempat setelah melakukan panen.

“Hari ini masyarakat kelurahan otting sangat bersyukur karena bisa menggelar kembali acara pesta rakyat ini pasca pandemi Covid 19,” kata Andi Akhiruddin saat membuka dengan resmi kegiatan tersebut. Untuk diketahui turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Tellu Siattinge Andi Kusayyeng. (sae/*)

News Feed