English English Indonesian Indonesian
oleh

Kadis TPHP Bone Genjot Perwujudan Mandiri Benih, Mampu Jangkau 29 Ribu Hektare

FAJAR, BONE-Wujud representasi program mandiri benih, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Bone menggenjot produksi tanaman pangan melalui benih unggul.

Kepala Dinas(Kadis) Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Bone, Andi Asman Sulaiman menuturkan sebagai upaya pencapaian sasaran produksi tanaman pangan pihaknya senantiasa meningkatkan produktivitas dengan penggunaan benih mandiri.

“Kami memang fokus dalam perealisasian mendiri benih, karena kami yakin jika benihnya unggul pasti hasilnya baik,” katanya saat ditemui di Salah satu Cafe di Bone, Selasa, 13 Desember 2022.

Lebih lanjut saudara dari Gubernur Sulsel ini mengatakan program Mandiri Benih sudah menjadi program kebijakan pemprov Sulsel yang diterapkan di sejumlah kabupaten. Termasuk di Kabupaten Bone.

“Kita sudah ada peruntukannya untuk 29 ribu hektar jenis benih generasi pertama, masih bisa berkelanjutan sampai tujuh turunan,” paparnya.

Setelah program itu berhasil, pihaknya juga akan memberikan penguatan terhadap metode budidaya tanaman. Step by step pihaknya juga mengajak para petani melakukan budidaya yang baik dalam menanam. “Diutamakan budidaya tanam langsung, kalau dihambur pasti kalah harus ditanam,” terangnya.

Selain itu, Andi Asman menyebutkan pihaknya juga melakukan penguatan kelembagaan kelompok tani dan pengadaan pasca panen. (sae/*)

News Feed