English English Indonesian Indonesian
oleh

ISBI Sulsel Perkuat Kolaborasi, Jajaki Pelbagai Kerja Sama

FAJAR, MAKASSAR-Dalam rangka menyiapkan berdirinya Satker Institut Seni dan Budaya (ISBI) Sulawesi Selatan, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta sebagai pemrakarsa melakukan berbagai langkah strategis, di antaranya mengadakan penjajakan kerja sama dengan berbagai pihak terkait.

Diawali pada Kamis, 8 Desember 2022, Wakil Rektor III (Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama) Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Dr. Sugeng Nugroho, S.Kar., M.Sn., yang didampingi oleh tiga dosen Embrio ISBI Sulawesi Selatan, melakukan penjajakan kerja sama dengan Sanggar Seni dan Budaya “Katangka” di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, terkait dengan kegiatan praktisi mengajar dan magang bagi mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan.

Penjajakan kerja sama yang kedua dilakukan dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan dalam hal sosialisasi dan promosi untuk calon mahasiswa baru, kegiatan asistensi mengajar, dan penempatan peserta KKN Tematik.

Ditutup dengan penjajakan kerja sama dengan Dinas Kebudayaan Kota Makassar dalam hal kegiatan praktisi mengajar, magang bagi mahasiswa, dan pelibatan mahasiswa pada event-event budaya di Kota Makassar.

Pada hari kedua, Jumat, 9 Desember 2022, Dekan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta, Dr. Dra. Tatik Harpawati, M.Sn., yang didampingi oleh Wakil Dekan III (Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama), Dr. Bondet Wrahatnala, S.Sos., M.Sn., Wakil Dekan II (Bidang Umum dan Sumberdaya), Drs. Supriyanto, M.Sn., dan beberapa dosen Embrio ISBI Sulawesi Selatan, melakukan penandatanganan naskah kerja sama (MoA) dengan Sanggar Seni “Ataraxia” di Kabupaten Takalar dalam kegiatan praktisi mengajar dan magang bagi mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan.

Selain itu juga melakukan pembahasan kerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Takalar dalam kegiatan pemberdayaan seni pertunjukan di Kabupaten Takalar.

Pada hari ketiga, Sabtu, 10 Desember 2022, Dekan dan jajarannya melakukan penandatanganan naskah kerja sama (MoA) dengan Sanggar Seni dan Budaya “Katangka” di Kabupaten Gowa, sebagai tindak lanjut audiensi yang dilakukan oleh Wakil Rektor III.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh para pejabat ISI Surakarta di sela-sela agenda dinasnya ke Sulawesi Selatan, menghadiri kegiatan Parade Teater Kampus Seni Indonesia di Hotel Yasmin, sejak 7 s.d. 9 Desember 2022.

Penjajakan kerja sama ini bertujuan untuk menjalin kemitraan PDD ISI Surakarta Embrio ISBI Sulawesi Selatan dengan para stakeholder di lingkungan Sulawesi Selatan dalam hal pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Hal itu dimaksudkan agar kelak setelah Embrio tersebut resmi menjadi Satker ISBI Sulawesi Selatan dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai Perguruan Tinggi Seni dan Budaya, tanpa harus menggantungkan lagi pada ISI Surakarta. Dengan demikian ISBI Sulawesi Selatan tinggal melanjutkan langkah-langkah yang telah dirintis oleh ISI Surakarta sebagai pendirinya. (*)

News Feed