English English Indonesian Indonesian
oleh

Dies Natalis Ke-62 FIB Unhas Bakal Semarak, Ada Pelantikan Pengurus IKA FIBRA hingga Lomba Katto-katto

FAJAR, MAKASSAR-Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unhas merayakan Dies Natalis ke-62 pada Sabtu, 10 Desember 2022. Perayaan itu dipusatkan di FIB Unhas. Sejumlah agenda pun disiapkan, termasuk pelantikan Pengurus Ikatan Alumni Fakultas Ilmu Budaya dan Sastra (IKA FIBRA) Unhas periode 2022-2026.

Momen itu bakal spesial karena sekaligus launcing perubahan nama dari IKA FIB menjadi IKA FIBRA. Pataka dan logo IKA FIBRA Unhas pun akan dikenalkan. Ketua IKA FIBRA Unhas, Abdul Waris Halid beserta pengurusnya juga akan dilantik.

Dies Natalis FIB Unhas itu dimulai pukul 06.30 WITA, diawali dengan Senam Bersama. Kemudian acara tambah meriah dengan penampilan sejumlah mahasiswa FIB Unhas. Ada UKM Kosaster yang menampilkan tari tradisional dan musik balada SPaSI IMSI, serta UKM Caritas.

Dijadwalkan hadir Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa, Ketua IKA Unhas Andi Amran Sulaiman, dan Dekan FIB Unhas Prof Akin Duli beserta jajarannya. Pada kesempatan itu juga ada penyerahan hibah buku dari Japan Club. Puncak Dies Natalis dengan pemotongan tumpeng.

Ketua Panitia Dies Natalis ke-62 FIB Unhas, Burhan Kadir menjelaskan, tema Dies Natalis Ke-62 FIB Unhas ini adalah, ‘Sinergi almamater dan alumni, kuatkan peran kampus dalam mendorong terciptanya lulusan yang kompeten, andal, dan berwawasan global”.

Onil sapaan Dosen Sastra Daerah Unhas ini menyebutkan, sengaja mengambil tema itu karena melihat potensi-potensi alumni yang luar biasa. “Sinergi ini akan menciptakan kekuatan untuk menghasilkan kualitas pendidikan yang humanis dan berwawasan global,” ujarnya.

Menurutnya, pengalaman-pengalaman alumni di dunia kerja, dalam bermasyarakat merupakan pengetahuan yang harus diakomodasi kampus dalam proses pembelajaran. “Dies Natalis akan menjadi ajang silaturahmi para civitas akademika Fak. Ilmu Budaya bersama alumni,” ungkapnya, Jumat, 9 Desember.

Sekretaris IKA FIBRA Unhas, Fadlan Ahmad mengatakan, ada perubahan nama dari IKA FIB menjadi IKAFIBRA. “Insyaallah menjadi angin segar bagi perubahan di internal organisasi ini,” ujarnya.

Adanya pengurus IKAFIBRA yang baru ini kata Dosen Sastra Arab Unhas ini, bakal menjadi wadah bagi alumni. “Memang sangat sulit mengumpulkan alumni-alumni yang sangat sibuk dengan urusan masing-masing. Namun dengan jiwa kepemimpinan dari Kakanda Waris Halid ini dengan ketokohannya mampu membangkitkan alumni menjadi IKA yang disegani di tingkat Unhas maupun nasional,” jelasnya.

Di lokasi acara akan ada sajian-sajian kuliner tradisional disiapkan departemen/prodi. Bahkan, Bank Raya Makassar bakal berbagi minyak goreng gratis. Caranya, donwload mobile banking Bank Raya di play store dan memperlihatkan KTP ke pihak Bank.

Adapula Lomba Seni dan Kreativitas. Jenis lombanya yaitu, Karaoke Unik, Terompah, Tarik Tambang, Katto-katto, Lari Karung, Lomba Stand (kuliner dan pendidikan, profil dinamika departemen/prodi). Ini terbuka bagi mahasiswa, dosen, dan tenaga pendidikan, dan alumni. (*/)

News Feed