English English Indonesian Indonesian
oleh

Meriahkan Pelantikan IKA Unhas Sulsel, Helatan Tarik Tambang Bakal Pecahkan Rekor MURI

FAJAR, MAKASSAR-Sebagai langkah awal, para pengurus IKA Unhas Sulsel akan dilantik pada 19 Desember di Hotel Four Points Makassar. Untuk memeriahkan acara tersebut akan diselenggarakan beberapa item kegiatan pada Minggu 18 Desember.

Ada jalan santai dan tarik tambang pada pagi hari di Kawasan Central Point of Indonesia (CPI) Makassar, serta Lomba Domino di kediaman Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (Unhas) Sulawesi Selatan (PW IKA Unhas Sulsel), Moh Ramdhan Pomanto pada siang harinya. Semua kegiatan tersebut akan melibatkan pengurus IKA Unhas di daerah, Sulsel maupun pengurus pusat.

Penanggungjawab kegiatan Tarik Tambang, Rahmansyah membeberkan, event tersebut sudah didaftarkan di MURI sebagai permainan tradisional yang melibatkan 1.400 orang dengan panjang tali 1.540 meter. Unsur peserta tersebut dari dari pengurus pusat IKA Unhas, daerah serta masyarakat.  Masing-masing tim berjumlah 700 orang.

“Inilah tarik tambang terpanjang di Indonesia dengan melibatkan ratusan orang. Kami mengadakan kegiatan ini untuk memeriahkan pelantikan pengurus karena ini adalah wujud kekompakan, kerjasama dan dimainkan di semua daerah. Ini berawal dari falsafah Makassar,” ujar Rahmansyah pada rapat pengurus malam tadi.

Dia menambahkan, agar lebih menarik, tarik tambang akan diiringi musik gendang Makassar dan peserta mengenakan sarung yang diikatkan di pinggang.

Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (Unhas) Sulawesi Selatan (PW IKA Unhas Sulsel), Moh Ramdhan Pomanto juga mengatakan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan alumni guna mendukung pembangunan di Sulsel.

“Kita harus berkolaborasi diwujudkan dalam The South Sulawesi Initiative. Dan itu dimulai dari IKA Unhas Sulsel. Model kerja harus merujuk pada initiative enam wilayah di Sulsel. Saya yakin, jika itu dilakukan Sulsel menjadi kuat dan itu dimulai dari IKA Unhas Sulsel,”  ungkap alumni Teknik Arsitektur Unhas itu, saat menyampaikan visi misi IKA Unhas Sulsel pada Rapat Pengurus di kediamannya, Jl Amirullan, Rabu malam, 7 Desember. (*)

News Feed