English English Indonesian Indonesian
oleh

Unhas Peringkat Enam di PIMNAS, Ungguli Sejumlah Kampus Besar di Jawa

FAJAR, MAKASSAR-Perjalanan panjang perjuangan tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Unhas berbuah manis. Unhas berhasil mengantongi total 4 medali untuk kategori poster (3 perak, 1 perunggu), dan total 3 medali untuk kategori presentasi (1 emas, 1 perak, 1 perunggu).

Unhas telah memiliki track record yang baik di PIMNAS. Beberapa tahun terakhir, UNHAS selalu berhasil memiliki tempat di 10 besar nasional. Tahun ini, Unhas berhasil menempatkan diri menjadi Universitas terbaik di luar pulau Jawa, bahkan menempati peringkat lebih baik dari sejumlah universitas besar di pulau Jawa seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Indonesia dan Universitas Padjajaran.

Sebelumnya berdasarkan pengumuman peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) nomor 0887/J7.1/PN.00/2022 tertanggal 15 Oktober 2022, sebanyak 12 tim dari Universitas Hasanuddin (UNHAS) berhasil menjadi peserta PIMNAS 2022 di Malang tanggal 30 November – 4 Desember.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes, Ph.D, Sp.BM(K) yang turut hadir membersamai tim dalam malam pengumuman menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Tim Unhas yang memperoleh medali.

“Alhamdulillah, UNHAS yang tahun sebelumnya peringkat ke-7 nasional naik menjadi yang ke-6. Sebuah capaian yang luar biasa dan ini merupakan hasil dari kerja kolektif seluruh elemen di Unhas yang saling mendukung satu sama lain, sesuai slogan ‘Unhasku Bersatu, Unhasku Kuat’ yang dicanangkan Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., sehingga Unhas bisa lebih hebat” ucapnya.

Adapun medali yang diraih oleh Universitas Hasanuddin antara lain: Emas kategori presentasi – Tim Metformin, PKM skim Riset Eksakta (PKM-RE) yang diketuai oleh Nur Syafika (Mahasiswa Fakultas Farmasi UNHAS).

Perak kategori presentasi – Tim Silina, PKM skim Kewirausahaan (PKM-K) yang diketuai oleh Rahmawati S. (Mahasiswa Fakultas Pertanian). Perunggu kategori presentasi – Tim GenZi, PKM skim Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) yang diketuai oleh Sri Ulfa (Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis).

Perak kategori poster – Tim Saga Mouthwash, PKM-K yang diketuai oleh Maulana Ibnu Ramadhan (Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi). Perak kategori poster – Tim Metformin, PKM-RE yang diketuai oleh Nur Syafika

Perak kategori poster – Tim Smurfly, PKM-RE yang diketuai oleh Rizkya Chaeratunnisa (Mahasiswa Fakultas Farmasi). Perunggu kategori poster – Tim Pa’commo, PKM-K yang diketuai oleh Amalia Putri (Mahasiswa Fakultas Farmasi)

Ketua Kelompok Kerja (POKJA) PKM Universitas Hasanuddin, Dr. Suhasman, S.Hut, M.Si. menyampaikan rasa bangga luar biasa yang ia rasakan. “Semua tim UNHAS tampil membanggakan di ajang PIMNAS 35. Selamat bagi yang memperoleh medali, dan tetap semangat bagi yang belum berkesempatan memperoleh medali. Ingat, penentu juara memiliki begitu banyak parameter sehingga yang juara itu belum tentu lebih buruk dari yang tidak juara,” ujarnya.

PKM merupakan program yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (BELMAWA) dalam rangka memandu mahasiswa untuk menjadi pribadi yang tahu aturan, taat aturan, kreatif, inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual. PKM adalah kegiatan untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

PKM diawali dengan pengajuan proposal. Proposal PKM dibuat berdasarkan skim yang telah ditentukan, dan mengikuti format yang ada dalam pedoman. Proposal-proposal ini kemudian melalui rangkaian seleksi yang kemudian bermuara di ajang PIMNAS.

Seluruh rangkaian kegiatan PIMNAS berjalan lancar dan ditutup dengan penyerahan piala bergilir Adikarta Kertawidya kepada Institut Pertanian Bogor sebagai juara umum dan sesi foto bersama (*)

News Feed