English English Indonesian Indonesian
oleh

Akreditasi Prodi Sistem Komputer Pascasarjana Universitas Handayani, Tim Assessor Lam Infokom Turun

FAJAR, MAKASSAR-Pascasarjana Universitas Handayani Makassar menuju Akreditasi. Itu bagi program Studi Sistem Komputer S2. Tim Assessor Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (Lam Infokom) pun telah menggelar Assesmen Lapangan (visitasi) selama dua hari, 22-23 November 2022. Tim Asesor dari Lam infokom, Prof Sarjon Defit dari Universitas Putra indonesia YPTK dan Dr Suryo Sumpeno dari Institut Teknologi Sepuluh November.

Hadir pula jajaran pimpinan Universitas Handayani Makassar, dekan, dosen, dan staf beserta tim akreditasi penyusunan bukti fisik, tim IT, alumni, dan mahasiswa pascasarjana Universitas Handayani Makassar.

Dr Eng Ir Yuyun MT selaku Direktur Pascasarjana Universitas Handayani mengaku, beryukur semuanya berjalan dengan lancar. “Ini membuktikan validasi realitas yang ada di LED dengan kondisi di prodi saat ini. Model komunikasinya lebih santai dan bernilai. Apa yang dinyatakan sesuai dengan apa yang diisi di LED. Pihaknya optimis mendapatkan hasil yang maksimal dan hampir 95 persen tervalidasi,” jelasnya.

Sementara Surya Sumpeno menjelaskan, tujuan tim asesor melakukan asesmen lapangan adalah untuk memotret proses akademik di prodi Sistem Komputer pascasarjana. Itu sekaligus menonfirmasi dokumen yang telah dilaporkan atau ditulis dalam Laporan Evaluasi Diri (LED) yang diajukan ke Lam Infokom.

Hari pertama asesmen fokus kepada hal akademik. Agendanya berupa mengunjungi ruang kelas, saran, dan prasarana, laboratorium, pembahasan kriteria A, B, C1, C2, C3, C4, C5, dan E menyangkut bagian kemahasiswaan, bagian SDM, PMB, keuangan, dan sapras.

Hari kedua fokus kepada wawancara dosen, tenaga pendidik, dan alumni beserta pengguna lulusan. Selanjutnya penyerahan berkas berita acara AL kepada pimpinan untuk direvisi dan ditutup oleh penandatanganan berita acara asesmen lapangan dan penyampaian umpan balik beserta saran dan pembinaan.

Suryo juga memberikan rekomendasi terhadap hal-hal yang penting untuk direalisasikan, seperti pengadaan Lab IT, sensor, dan peningkatan soft skill terhadap alumni, dan upaya peningkatan peminatan data science. (mil/*)

News Feed