English English Indonesian Indonesian
oleh

FIB Unhas Penguatan Desa Wisata dan Literasi Desa di Pangkep

FAJAR, PANGKEP– Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Hasanuddin dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Bulu Cindea, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, Sabtu, 3 Desember 2022. Kegiatan ini bagian dari rangkaian Dies Natalis ke-62.

Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk penyuluhan penguatan desa wisata dan peningkatan literasi desa kepada kelompok masyarakata sadar wisata, perpustakaan desa kepala dusun dan kelompok pemuda di aula kantor Desa Bulu Cindea.

Kegiatan dimulai dengan ceremony pembukaan kegiatan yang dimulai oleh sambutan selamat datang oleh kepala Desa Bulu Cindeabapak, Made Ali. Ia berterima kasih karena FIB telah berkenaan untuk mengunjungi desa Bulu Cindea.

“Ini memberikan kami ilmu kepada masyarakat tentang dunia pariwisata dan menjadi masyarakat sadar wisata serta bantuan buku bacaan untuk peningkatan literasi masyarakat kami,” ujarnya.

Kepala Kecamatan Bungoro, Hasriadi pun menyambut dengan bahagia atas kedatangan tim Fakultas Ilmu Budaya Unhas. Itu atas kesediaan untuk membantu kualitas masyarakat, khususnya dalam bidang pariwisata dan dukungan untuk peningkatan minat baca dengan bantuan buku bacaan sebanyak 270 buah buku.

“Tentunya sebuah kebahagian bagi pengelola perpusatakaan desa punya banyak tambahan koleksi buku. Sekali lagi pintu kecamatan Bungoro terbuka lebar kepada Universitas Hasanuddin khususnya Fakultas Ilmu Budaya,” jelasnya.

Dekan FIB Unhas Prof Akin Duli menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang luar biasa kepada pemerintah kecamatan Bungoro dan kepala desa Bulu Cindea. FIB pun siap menerima SDM masyarakat Kecamatan Bungorodan masyarakat Kab. Pangkep pada umumnya untuk menempuh pendidikan bidang Pariwisata baik untuk jenjang S1 dan jenjang S2.

“Potensi pariwisata di kabupaten ini sangat luar biasa, banyak objek-objek wisata yang bagus di sini, baik itu objek wisata bahari, wisata budaya, wisata cagar budaya. Ini potensi yang sangt berpeluang untuk dikembangkan oleh pemerintah Pangkajene dan kepulauan. Dan kami siap untuk berkolaborasi untuk hal tersebut,” tuturnya.

Pengabdian ini dikuti oleh Guru Besar, Dosen dan Tenaga Kependidikan serta mahasiswa dalam lingkup Fakultas Ilmu Budaya. Tim pengabdian ini berkolaborasi dari berbagai program studi untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat desa Bulu Cindea.

“Kewajiban dosen tidak hanya menjalan pengajaran dan penelitian, tapi juga hal penting kami lakukan adalah kegiatan pengabdian pada masyarakat, ini adalah konsekuensi intelektualitas kami sebagai kelompok masyarakat yang berada di dunia pendidikan tinggi,” ucap Ketua Panitia Dies Natalis ke-62 Fakultas Ilmu Budaya Unhas, Burhan Kadir. (*/ham)

News Feed