English English Indonesian Indonesian
oleh

Dorong Pertumbuhan Toko Kelontong, Ini Program Andalan HM Sampoerna

FAJAR, MAKASSAR — PT HM Sampoerna Tbk gelar pesta retail di 15 kota di Indonesia. Kegiatan ini untuk merayakan kesuksesan toko kelontong menggerakkan roda ekonomi masyarakat.

Kegiatan ini juga mendukung transformasi dan digitalisasi bagi UMKM toko kelontong melalui Sampoerna Retail Community (SRC). Upaya ini terbukti memberikan dampak positif dalam menggerakkan perekonomian dan meningkatkan kontribusi sektor UMKM.

Kini, terdapat lebih dari 225.000 toko kelontong tradisional di seluruh Indonesia yang telah bergabung dengan SRC dan mendapatkan pembinaan untuk mengembangkan usahanya agar lebih berdaya saing.

Pesta Retail Celebes ini digelar di Lapangan Parkir Mal Phinisi Point di Makassar, Sabtu, 3 Desember 2022. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian Pesta Retail terbesar di Indonesia yang digelar mulai 26 November 2022 hingga 18 Desember 2022

Pesta Retail Celebes dihadiri oleh Kepala Dinas Perdagangan Sulawesi Selatan, Ashari Fakhsirie Radjamilo yang mewakili Guburnur Sulawesi Selatan, didampingi Kepala Bulog Sulselbar dan Kepala Bank Indonesia Kanwil Sulsel.

Ashari mengapresiasi toko kelontong SRC yang telah berkontribusi dalam menggerakkan roda ekonomi masyarakat. Selain itu, pihaknya juga memuji transformasi digital UMKM toko kelontong sehingga lebih berdaya saing dan terus konsisten berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.
“Ini terobosan luas biasa sehingga ekonomi terus bergerak,” ujar Ashari, kemarin.

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia telah menyebutkan bahwa UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Sektor ini berkontribusi hingga 60,5 persen terhadap produk domestik bruto (PDB), serta memiliki kemampuan untuk menyerap 96,9 persen dari total angkatan kerja nasional.

News Feed