English English Indonesian Indonesian
oleh

Unhas Raih Penghargaan Indonesia SDGs Action Awards 2022, Prof Adi: Bakal Terus Jadi Pelopor Implementasi SDGs

FAJAR, JAKARTA-Universitas Hasanuddin (Unhas) torehkan prestasi dalam Indonesia SDGs Action Awards 2022. Penghargaan itu diterima untuk kategori Perguruan Tinggi. IPB menjadi peringkat 1, Unhas peringkat 2, dan UI peringkat 3.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa memberikan langsung penghargaan tersebut kepada Wakil Rektor IV UNHAS Prof Adi Maulana yang mewakili Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa di Hotel Sultan, Kamis, 1 Desember 2022 dalam acara SDGs Annual Conference 2022.

Anugerah SDGs action award ini diberikan kepada kampus yang mempunyai komitmen tinggi terhadap implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Developments Goals. “Unhas selama ini sudah dan terus menjadi pioneer dalam implementasi SDGs, bukan hanya di dalam kampus tapi juga menjadi inspirasi di daerah-daerah,” ujar Prof Adi.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals, disingkat SDGs atau Global Goals) adalah 17 tujuan global dengan 169 capaian yang terukur dan tenggat yang telah ditentukan oleh PBB sebagai agenda dunia pembangunan untuk perdamaian dan kemakmuran manusia dan planet bumi sekarang dan masa depan.

Dengan penghargaan ini, kata Prof Adi, Unhas akan melakukan mainstreaming program-program yang terkait dengan SDGs ke semua unit kerja di lingkup Unhas.

“Program green campus, net zero emission, renewable energy, waste management, dan gender quality adalah beberapa program yang saat ini tengah gencar diimplementasikan di Unhas,” jelasnya,

Selain itu Unhas, akan menjadi pusat pelatihan implementasi SDGs di Indonesia untuk pimpinan daerah dan universitas di Indonesia. Sesuai dengan moto dari SDGS, no one left behind, Unhas akan menjadi motor dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia dan ikut membantu semua stakeholder dalam rangka pencapaian tersebut melalui kegiatan tridharma perguruan tinggi. (*/ham)

News Feed