English English Indonesian Indonesian
oleh

LPkM UMI Sosialisasikan Bahan Dapur Jadi Minuman Sehat

MAKASSAR, FAJAR — Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) UMI menggelar kegiatan bertema ‘Pembuatan Minuman Kesehatan yang Terstandardisasi sebagai Peningkat Imunitas” di SMAN 13 Maros.

Kegiatan PKM ini menghadirkan tim dosen pengabdian dari Fakultas Farmasi UMI. Yakni apt. Hamsinah, S Farm, MSi sebagai ketua dan Aminah, S Farm, MSc, dan Ririn, S Farm, MSc, sebagai anggota. Kegiatan ini diikuti oleh siswa SMAN 13 Maros.

Menurut Hamsinah, menjaga sistem kekebalan tubuh dapat membantu tubuh untuk mencegah dan menghambat benda asing yang masuk dalam tubuh, salah satunya adalah virus. Namun sistem kekebalan tubuh dapat berkurang dalam tubuh.

“Untuk itu dibutuhkan asupan dari luar dengan mengkonsumsi minuman atau makanan yang bernutrisi. Asupan yang mengandung antioksidan yang tinggi, karena dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara mengikat molekul yang sangat reaktif,” jelasnya, Kamis, 1 Desember 2022.

Ia menambahkan, menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh dapat dilakukan berbagai cara. Di antaranya adalah mengkonsumsi makanan bergizi, berolahraga dengan rutin, mengelola stres dengan baik, beristirahat cukup, dan mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin A, D, dan Zink, vitamin C, vitamin B6, B12, dan E. Untuk penunjang daya tahan tubuh bisa mengkonsumsi minuman herbal untuk kesehatan.

“Minuman herbal adalah minuman yang terbuat dari bahan natural yang berasal dari tanaman, daun, akar, batang, bunga, dan buah. Serta memiliki zat bioaktif dalam mengurangi resiko penyakit. Minuman herbal dapat dikonsumsi untuk meningkatkan antioksidan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, serta dapat digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh,” ungkapnya.

News Feed