English English Indonesian Indonesian
oleh

Delegasi Pemprov Sulteng Temui KBRI Kairo, Mereka Bahas Ini

FAJAR, KAIRO — KBRI Kairo menerima kunjungan delegasi Pemprov Sulawesi Tengah, Sabtu, 26 November. Mereka membahas penetrasi pasar produk unggulan Sulteng ke Mesir.

Atase Perdagangan KBRI Kairo, Irman Adi Purwanto Moefthi mewakili Duta Besar RI untuk Mesir, menerima kunjungan delegasi Pemprov Sulawesi Tengah yang dipimpin Dr. Andi Rully Djanggola, Plt Kepala Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air (Cikasda) Pemprov Sulawesi Tengah di KBRI Kairo.

Dalam pertemuan, Andi Rully menuturkan salah satu misi Gubernur Sulteng adalah peningkatan kesejahtaraan petani melalui pemasaran produk unggulan. Antara lain kopi, coklat, durian, jagung dan produk lainnya yang membutuhkan jaringan pemasaran international.

Selain itu, terkait peningkatan capacity building Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov, diharapkan Mesir dapat menjadi mitra strategis bagi Sulawesi Tengah. Rully juga menambahkan, pihaknya telah bertemu dengan pelajar dan mahasiswa Indonesia asal Sulteng yang berjumlah 55 pelajar.

“Mereka memiliki potensi sangat besar untuk mengabdi di daerah, baik itu di bidang literasi, wirausaha, hinggga birokrasi,” ujar Andi Rully.

Atase Perdagangan KBRI Kairo, Irman Adi Purwanto Moefthi menyambut positif misi yang dibangun Gubernur Sulawesi Tengah khususnya untuk akses pasar produk unggulan Sulteng ke pasar Mesir.

Selain itu terkait kerjasama capacity building dapat dijajaki dengan Mesir. Beberapa waktu lalu Indonesia memberikan pelatihan pengolahan eceng gondok yang tersebar di sungai Nil menjadi produk kerajinan bernilai tambah. KBRI juga memberikan pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) hal ini sangat memberi manfaat bagi warga Mesir.

News Feed