English English Indonesian Indonesian
oleh

Sang Pelestari Laut di Gugusan Kepulauan Spermonde

“Sekarang tidak lagi, semoga kesadaran warga terus dijaga meski saya tak lagi melakukan pendampingan,” harapnya.

Sumber Kehidupan

Syaenullah sangat peduli dengan gugusan Kepulauan Spermonde lantaran nilai ekonominya besar. Berada di kawasan laut yang membentang dari Kabupaten Takalar hingga Kabupaten Barru. Kawasan ini memiliki 121 pulau dengan tingkat keragaman karang cukup tinggi.

Ada 78 genera dengan total spesies 262. Bagi pehobi olahraga penyelaman (diving) kawasan ini sudah tidak asing lagi. Kawasan ini juga jadi tempat mencari nafkah para nelayan. Jika lingkungannya rusak, nelayan  makin sulit mendapatkan ikan.

“Jangan sampai alam rusak, tidak ada lagi kekayaan yang diwariskan ke anak cucu kita ke depan,” terangnya.

Beberapa pulau di gugusan Kepulauan Spermonde ini cukup dikenal dan menjadi lokasi kunjungan wisatawan. Pulau-pulau tersebut adalah Pulau Samalona, Kayangan, Barrang Lompo dan Pulau Lae-lae. Masyarakat lokal menyebutnya Sangkarrang.

Pemuda Menginspirasi

Atas usahanya memberdayakan warga pulau, Syaenullah sukses meraih sejumlah penghargaan. Salah satunya datang dari Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2021.

Penerima beasiswa calon dosen pada pascasarjana Universitas Hasanuddin di tahun 2015 ini mendapat penghargaan yang diberikan PT Astra International Tbk untuk kategori bidang lingkungan. Bagi Syaenullah, penghargaan ini membuatnya selalu bersemangat merawat lungkungan dengan cara pemberdayaan kepada masyarakat.

“Terpenting adalah lingkungan kita pulih kembali demi mewarisi kekayaan para penerus kita ke depannya,” tambahnya.

News Feed