English English Indonesian Indonesian
oleh

Diikuti 75 Atlet, Igornas Sukses Gelar Festival Olahraga Pelajar di Sulsel

FAJAR, MAKASSAR– Ikatan Guru Olahraga Nasional (Igornas) Sulsel sukses gelar Festival Olahraga Pendidikan (FOP) 2022. Hal itu terlihat dari antusias peserta hingga berjumlah 75 atlet yang ikut pada kegiatan yang berlangsung di Lapangan GOR SMAN Khusus Keberbakatan Olahraga Sulsel, 24-26 November itu.

Padahal event tersebut hanya mempertandingkan dua cabang olahraga (cabor), yaitu pencak silat dan atletik. Untuk pencak silat diikuti 34 atlet. Lalu atletik ada 45 atlet yang berlomba.

Ketua Umum Igornas Suls, Yusnadi mengatakan sambutan yang luar biasa atas event ini. “Sebab, para atlet hadir dari berbagai daerah di Sulsel,” ujarnya, Jumat, 25 November.

Cabor Atletik ada 14 Kabupaten/Kota. Daerah yang hadir Bantaeng, Barru, Bulukumba, Enrekang, Gowa, Jeneponto, Luwu, Luwu Utara, Makassar, Maros, Pangkajene dan Kepulauan, Tana Toraja, dan Wajo.

Lalu, di pencak silat ada 12 Kabupaten/Kota. Pesertanya dari Kabupaten Bantaeng, Bulukumba, Enrekang, Gowa, Luwu, Luwu Utara, Makassar, Maros, Pangkajene dan Kepulauan, Pinrang, Soppeng, dan Wajo.

Yusnadi menyampaikan bahwa , kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari
Perpres No 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Desain ini menunjukan bahwa olahraga pendidikan menjadi salah satu pilar untuk mencapai Indonesia bugar, berkarakter unggul, dan berprestasi dunia. Event terlaksana atas Kerjasama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS), dimana IGORNAS yang telah terbentuk di 34 Provinsi di Indonesia.

Setiap Provinsi melakukan kegiatan Festival Olahraga bagi murid mulai dari jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMA/MA sederajat di Indonesia. Terlebih dahulu melakukan seleksi di Tingkat Kabupaten/Kota yang akan berlaga di tingkat Provinsi.

“Dukungan Kementerian Pemuda dan Olahraga terhadap peningkatan keolahragaan terhadap murid merupakan hal yang tepat karena peserta merupakan SDM yang juga bibit utama dalam menghasilkan atlit yang berprestasi karena dari hulu akan ke hilir, Guru PJOK sangat berperan penting dalam menyukseskan DBON tersebut,” katanya.

Melihat antusias Peserta didik mengikuti Festival Olahraga Pendidik akan siap kembali melaksanakan kegiatan Kompetisi Pelajar Cabang Olaharaga DBON yaitu Atletik, Karate, dan Bulutangkis bekerjasama dengan Kemenpora, 10 -11 Desember.

“Dari kegiatan Pelajar ini kita Cetak Juara untuk Indonesia,” tegasnya.

Kepala Bidang Olahraga Pendidikan Kemenpora, Andi Rustandi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Desain Olahraga Nasional yang dilaksanakan di 34 Provinsi. “Bertujuan untuk mencapai Indonesia bugar, berkarakter unggul,” ucapnya.

Selain itu, Gubernur Sulawesi Selatan dalam hal ini diwakili oleh Asisten II, Iksan Mustari mengatakan generasi muda harus terus didorong dalam meningkatkan prestasi olahraga. “Terkhusus di tingkat daerah maupun nasional,” kata dia.

Dalam kegiatan pembukaan dihadiri pula oleh Sekertaris Dinas Kepemudaan dan Olahraga Sulsel, Nasrud Tawang, Kepala Sekolah SMAN Khusus Keberbakatan Olahraga Provinsi Sulsel, Samsu Alam. (sal)

News Feed