English English Indonesian Indonesian
oleh

Apkasindo Sulsel Dampingi Petani Lakukan Audit ISPO

FAJAR, MAKASSAR — Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Sulsel, Badaruddin Puang Sabang akan mendampingi petani kelapa sawit se-Sulsel untuk melakukan audit Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO).

“Bagaimana mengajarkan petani tentang syarat-syarat yang dibutuhkan untuk mendapatkan sertifikat ISPO. Dari LSM juga bisa jadi pendamping. Bisa juga dari dinas,” tutur pria kelahiran Enrekang ini, Rabu, 23 November 2022.

Badaruddin menginginkan, kerja keras petani kelapa sawit tidak dianggap sebelah mata. Sebab petani kelapa sawit bisa memberikan sumbangsih terhadap bangsa.

“Kita menganggap sawit adalah kita, kita adalah Indonesia. Bisa dikatakan Indonesia tidak bisa hidup tanpa sawit,” ucap magister UMI ini.

“Dahulu, harga TBS (tandan buah segar) Rp750. Sekarang sudah Rp2.400, bahkan mencapai Rp3.000. Kita punya program bagaimana supaya petani sawit Sulsel ini menjadi sejahtera dan setara dengan petani sawit dengan ada yang di Sumatera. Dan juga mendapatkan penghasilan layak,” tandasnya. (ams)

News Feed