English English Indonesian Indonesian
oleh

Wakil Ketua Kadin Optimis Sulsel Tangguh Hadapi Resesi

FAJAR, MAKASSAR– Di tengah gencarnya isu resesi ekonomi. Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sulsel, Makmur Mingko optimis Sulsel masih tangguh.

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sulawesi Selatan (Sulsel) Makmur Mingko, ia menyebut pihaknya saat ini masih optimis Sulsel terhindar dari dampak besar resesi.

Menurutnya, kondisi seperti ini bukan pertama kali terjadi, sebelumnya ancaman serupa pernah terjadi dan Sulsel berhasil melewati dengan kondisi yang stabil.

“Pertama kali kita alami itu ketika rezim orde baru, faktanya, Sulsel mencengangkan dengan pertumbuhan yang cukup baik, penjualan perekonomian yang diukur dari pembelian kendaraan masyarakat meningkat,” terangnya.

Ia menyebut, salah satu faktor yang memengaruhi ialah kondisi ekonomi yang digerakkan langsung oleh masyarakat di pedesaan, ditambah, komoditi hasil pertanian dan kehutanan yang mendominasi menjadi primadona ketika masuk di pasar ekspor.

Hal itulah yang menjadikan pihaknya optimis untuk tidak merasakan kepanikan dalam menghadapi ancaman yang digaungkan. Hanya saja, ia tak menampik banyak hal yang harus tetap diperhatikan jika kondisi buruk terjadi.

“Yang paling utama kita kuatkan potensi daerah dan ekonomi kerakyatan, menjaga produksi dan pengelohaan, dan menciptakan produk yang berkualitas yang bisa terus bersaing di pasar ekspor,” tandasnya. (sae)

News Feed