English English Indonesian Indonesian
oleh

Pameran Dagang HACE Hotel Expo Mesir, Ada Bumbu dan Makanan-Minuman Indonesia

FAJAR, MESIR-Indonesia kembali ikut serta dalam pameran dagang internasional Hace Hotel Expo ke-42 yang digelar di Gedung Cairo International & Exhibition Centre, 14 s.d 16 November 2022.

Pameran secara resmi dibuka pada (14/11/2022) oleh Wakil Menteri Pariwisata Mesir, Ghada Syalabi didampingi oleh Yousra Abou Naga, Penyelenggara Pameran, Mohamed Amer, Direktur Pendirian Perhotelan, Toko dan Kegiatan Turisme Kemenpar Mesir, Samiyah Sami, Direktur Perusahaan Pariwisata Kemenpar Mesir, Mohamed Haggag, Direktur Perizinan Pendirian Perhotelan Kemenpar Mesir dan Adel El Masry, Ketua KADIN Pariwisata dan Restoran.

Wamenpar Mesir, Ghada Syalabi menerangkan pameran produk perhotelan ini yang diikuti oleh 310 eksibitor termasuk perwakilan dari Indonesia, Turki, RRT, Luthiania, Spanyol, Malaysia, Italia, Perancis dan negara sahabat lainnya sangat penting karena sangat berkaitan dengan industri pariwisata utamanya beragam produk pendukung perhotelan dan pelayanan prima (hospitality) di bidang pariwisata.

Ghada menambahkan, kementerian melakukan peran supervisi, pengawasan dan termasuk memperhatikan kualitas mutu produk industri makanan minuman perhotelan dan pariwisata yang beredar di Mesir.

Ghada mengulas sebagai upaya mendukung KTT Perubahan Iklim yang diselenggarakan di Sharm El-Sheikh, Kementerian juga mendorong hadirnya produk-produk ramah lingkungan di kawasan pariwisata dan perhotelan.

Ghada Syalabi setelah membuka pameran Hace Expo melakukan kunjungan ke Paviliun Indonesia dan mengapresiasi kehadiran dan partisipasi Indonesia dan produk unggulannya. Ghada menyampaikan, dirinya sangat menyukai produk makanan dan minuman dari Indonesia, dan memiliki stok persediaan di rumah.

Duta Besar RI, Lutfi Rauf menerangkan kehadiran Indonesia ini diwakili oleh salah satu importir Mesir yang loyal mengimpor produk makanan minuman, bumbu masakan serta produk pangan lainnya, Egyptian Saudi Company yang memamerkan produk minuman kopi instan, biskuit, makanan ringan yang diproduksi oleh PT Mayora Indah Tbk dan produk bumbu masakan, produk kelapa cair, sambal pedas serta produk makanan lainnya yang diproduksi oleh PT Rodamas Inti Internasional dengan merek Sasa.

Duta Besar RI melanjutkan, diharapkan dengan pameran ini sebagai upaya memperkenalkan produk baru dari Indonesia dan juga sebagai upaya mempertahankan posisi Indonesia di pasar Mesir. Indonesia dan Mesir senantiasa bekerjasama untuk saling melengkapi bukan untuk saling bersaing.

Ashraf Lasheen, Presiden Direktur Egyptian Saudi Co menyampaikan apresiasi atas dukungan KBRI Kairo selama ini terhadap upaya importasi perusahaannya dari Indonesia dan mengharapkan ke depan dapat mengimpor lebih banyak lagi jenis produk makanan dan minuman lainnya semisal produk minuman kelapa untuk memenuhi permintaan pasar Mesir.

Atase Perdagangan KBRI Kairo, Irman Adi Purwanto Moefthi menambahkan, pameran dagang Hace Hotel Expo yang saat ini diikuti oleh beragam perusahaan di bidang food & beverage terkemuka di Mesir dan luar negeri mengkhususkan diri memamerkan produk perabotan hotel, persediaan katering, kue kering, peralatan Supermarket, peralatan kebersihan, dan semua kebutuhan untuk usaha kecil dan besar serta lintas sektor perhotelan termasuk hadirnya Egyptian Chef’s Association dengan kegiatan Chef Competition selama pameran dengan 100 peserta chef Mesir.

H. Muhammad Syafruddin, Anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi Kelautan, Perikanan, Kehutanan, Pertanian, dan Bulog turut hadir dalam pembukaan Paviliun Indonesia pada Hace Expo ini dan menyambut baik upaya KBRI Kairo dalam mempromosikan produk Indonesia yang juga berasal dari bahan rempah- rempah sebagai upaya bersama mensukseskan program “Indonesia Spice Up The World” yang diusung oleh pemerintah RI dan sebagai upaya mengangkat produk para petani ke dunia ekspor dan rantai pasok perdagangan global. (*/)

News Feed