English English Indonesian Indonesian
oleh

Unhas dan Kementerian Ketenagakerjaan RI Bekerja Sama Laksanakan Ministerial Lecture

FAJAR, MAKASSAR-Universitas Hasanuddin melalui Subdirektorat Penyiapan Karir Bidang Akademik dan Kemahasiswaan bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dalam pelaksanaan kegiatan Ministerial Lecture yang bertema ”Peluang Pekerjaan Baru serta Bagaimana Merebut Pasar Kerja bagi Lulusan Baru Perguruan Tinggi”.

Kegiatan ini diperuntukkan bagi mahasiswa maupun alumni Universitas Hasanuddin agar dapat mempersiapkan diri dengan lebih maksimal dalam menghadapi dunia kerja.

Kegiatan berlangsung di Aula Baharuddin Lopa Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Jumat (11/11) dan dihadiri oleh 300-an mahasiswa dari berbagai jurusan. Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis, Prof. Dr. Eng. Adi Maulana, S.T., M.Phil., didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Kemitraan, Riset, dan Inovasi Fakultas Hukum, Dr. Ratnawati, S.H, M.H serta Kepala Subdirektorat Penyiapan Karir Universitas Hasanuddin, Sahriyanti Saad, Ph.D. turut hadir dalam kegiatan ini. Hadir pula tamu-tamu undangan, yaitu Dr. Syamsi Alang sebagai perwakilan Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar, Dr. Fitroh Hanrahmawan, Plt. Kepala BBP Makassar, serta dr. Aminah, A.s., M.Kes., Kepala Balai K3 Makassar.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor 4 menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kesediaan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dan Pusat Pasar Kerja untuk menyelenggarakan kuliah umum  di Universitas Hasanuddin. Beliau mengimbau mahasiswa untuk memanfaatkan kesempatan ini. “Lulus kuliah tidak lagi seperti SD, SMP maupun SMA yang hanya perlu lulus tes untuk ke jenjang selanjutnya. Setelah lulus kuliah, yang perlu kalian lakukan adalah menentukan career path dari tujuan yang ingin kalian raih,” imbaunya.

Kegiatan Ministerial Lecture menghadirkan Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Prof Anwar Sanusi, Ph.D, dan Kepala Pusat Pasar Kerja, Muchamad Yusuf,.S.T., M.Si sebagai narasumber. Mereka membawakan materi seputar peluang pekerjaan baru serta bagaimana merebut pasar kerja bagi fresh graduate perguruan tinggi.

Acara diakhiri dengan pengenalan berbagai aplikasi yang dikelola oleh Pusat Pasar Kerja. Selain itu, Muchamad Yusuf juga melakukan sesi interaktif dengan melibatkan peserta yang memiliki beragam cita-cita. (*)

News Feed