English English Indonesian Indonesian
oleh

PMW Expo Unhas 2022, Dorong Ekosistem Wirausaha

FAJAR, MAKASSAR-Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Expo merupakan rangkaian dari kegiatan monitoring dan evaluasi akhir bagi penerima dana PMW 2022. Kegiatan ini digelar di Pelataran Mata Kuliah Umum (MKU), Kampus Unhas Tamlanrea, Kamis (10/11/2022).

Kegiatan ini diadakan oleh Kelompok Kerja (Pokja) Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Universitas Hasanuddin. Kegiatan ini turut di support oleh Direktorat IBT-STB Unhas, Gojek dan CV Creatif Laut Indonesia.

Adapun PMW Expo Unhas tahun 2022 ini dirangkaikan dengan monev akhir program PMW dan Talkshow Kewirausahaan.

Ketua panitia PMW Expo, Ilham Syarif mengatakan bahwa tujuan PMW EXPO dan Monitoring akhir yaitu memamerkan hasil wirausaha bagi tim mahasiswa yang menerima pendanaan PMW 2022 sekaligus memperkenalkan hasil usahanya yang terdiri dari beberapa bidang diantaranya Bidang Industri, Jasa, produksi dan bidang makanan dan minuman.

“Penanggung Jawab kegiatan ini adalah Ketua Pokja PMW Universitas hasanuddin 2022. Adapun sumber dana yakni Bidang Kemahasiswaan Universitas hasanuddin, Gojek berupa bantuan tenda, Direktorat IBT dan STP Universitas Hasanuddin dan CV. Laut Kreatif Indonesia berupa Pendanaan Startup untuk 4 Tim Terbaik, Masing-masing Tim mendapatkan 15 Juta dengan total 100 Juta)” jelas Dosen Peternakan Unhas ini.

Ilham menambahkan kepada para sponsor yang telah  memberikan dukungan bantuan dana dan perlengkapan kami ucapkan banyak terimakasih.

Sementara itu Ketua Pokja PMW Unhas, Dr Herlina Rante menjelaskan bahwa program Wirausaha ini merupakan salah satu bentuk dukungan untuk Unhas dalam pencapaian Indikator Kinerja Utama salah satunya adalah IKU 1 terkait alumni yang berwirausaha.

“Kegiatan EXPO PMW Unhas tahun 2022 ini diikuti oleh 114 tim yang lolos dan mendapatkan  pendanaan PMW 2022. Setiap kelompok dari 114 ini memiliki jenis usahanya yang berbeda. Mudah mudahan 114 Tim ini merupakan cikal bakal sebagai calon alumni yang akan menjadi pengusaha kedepannya. Kami harapkan dengan kegiatan ini mampu menjadi daya tarik bagi mahasiswa lain untuk dapat mengikuti, dan  memberikan ide terbaiknya untuk berwirausaha ditahun yang akan datang” jelasnya.

Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan, dan Bisnis, Prof Dr Eng Ir Adi Maulana ST MPhil saat membuka kegiatan ini menyampaikan terima kasih atas kerja keras pokja PMW Unhas serta para mitra yang telah menyukseskan kegiatan ini.

“Permasalah  Unhas saat ini perlu kita akui yakni ekosistem bisnis dan wirausaha yang belum terbangun dengan baik. Sehingga fokus kita saat ini yakni  memperkuat pengembangan wirausaha dan bisnis. Tentu itu juga karena kita PTN BH, kita diberitakan otoritas untuk mandiri secara finansial.

“Untuk mencapai indonesia emas 2045, kita harus meningkatkan jumlah wirausaha. karena kita harus mencapai minimal 10 juta pengusaha. kampus harus memiliki peran penting untuk melaihrkan wirausaha baru itu. tentu program PMW 2022 yang diikuti ribuan mahasiswa ini kedepannya kita harapkan jadi penggerak wirausaha mahasiswa dan saat alumni nantinya” jelasnya.

Prof Adi menambahkan, mahasiswa kita kedepannya diharapkan untuk menciptakan lapangan kerja. kedepan juga Unhas menargetkan banyak kemitraan dibidang wirausaha dan bisnis. ekosistem kita sudah kita terbentuk, Unhas sekarang punya holding, dengan 4 anak perusahaan. Itu juga nantinya semoga bisa mendorong kemajuan universitas.

PMW Expo ini memamerkan berbagai produk wirausaha mahasiswa mulai dari kuliner, jasa, kreatifitas hingga produk kecantikan. kegiatan ini berlangsung mulai pagi hingga sore dan dihadiri oleh ribuan mahasiswa. (fit/*)

News Feed