English English Indonesian Indonesian
oleh

Pemilih Pemula di Palopo Disadarkan Pentingnya Salurkan Hak Suara

FAJAR, PALOPO-Pemilih pemula yang kini duduk di bangku sekolah menjadi perhatian penting untuk menyukseskan pemilu 2024. Menyadarkan siswa agar ikut keikutsertaan menyalurkan hal suara pada Pemilu. Termasuk sadar administrasi kependudukan sebagai syarat untuk memilih.

Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kota Palopo Muh. Ihsan Asharuddin mengatakan pendidikan politik bagi pemilih pemula sangat penting. “Supaya dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan politik kepada para pemilih pemula agar bisa memahami pentingnya menggunakan hak suara dalam pemilihan umum tahun 2024,” kata Ihsan saat sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula di Aula Kesbangpol Palopo, Selasa, 8 November.

Menurutnya, sosialisasi ini merupakan kegiatan rutin dalam menyambut pemilihan umum. Bangsa Indonesia diharapkan mampu untuk mengembangkan potensi diri agar menjadi generasi yang berkualitas dalam memiliki idealisme.
Pendidikan politik kata dia, untuk membangun masyarakat yang cerdas dalam berpolitik dengan indikator mengetahui dengan baik hak dan kewajibannya.

“Itu dalam menyalurkan aspirasi politik, partisipasi, bertanggung jawab serta berkolaborasi dalam kemajuan masyarakat,” jelasnya.
Ihsan berharap Badan Kesatuan Bangsa Politik dapat menguatkan kualitas tanggung jawab, sinergitas dan kolaborasi demi mewujudkan praktek demokrasi yang jauh berkualitas.

“Saya berpesan kepada pemilih pemula agar kalian menggunakan hati dan nurani saat memilih nantinya. Jangan sampai ada paksaan. dibutuhkan kecerdasan, kemampuan untuk memahami keadaan yang terjadi,” paparnya.

News Feed