English English Indonesian Indonesian
oleh

Mengupas Peristiwa Langka Gerhana Bulan Total 8 November 2022

Kapan Gerhana Bulan dapat terjadi? Gerhana Bulan hanya bisa terjadi saat fase bulan purnama yakni pertengahan bulan, bertepatan pada hari selasa tanggal 13 Rabiul Akhir 1444 Hijriyah atau 8 November 2022 Masehi.

Berapa Kali Gerhana terjadi pada tahun 2022? Selama tahun 2022 ini, terjadi 4 kali gerhana di mana 2 kali gerhana bulan dan 2 kali gerhana matahari, dengan infomasi detail sebagai berikut: tiga fenomena tidak dapat diamati di Indonesia yaitu Gerhana Matahari Sebagian (GMS) terjadi pada 30 April 2022, Gerhana Bulan Total (GBT) terjadi pada 16 Mei 2022, dan Gerhana Matahari Sebagian (GMS) pada 25 Oktober 2022. Sedangkan yang terakhir, Gerhana Bulan Total (GBT) pada 8 November 2022 yang dapat diamati dari Indonesia.

Apa yang menarik dari Gerhana Bulan 8 November 2022 nanti? Gerhana Bulan Total (GBT) atau terkenal sebagai Super Blood Moon akan terjadi pada Selasa, 8 November 2022. Fenomena yang akan terjadi saat gerhana yang teramati dari Bumi yaitu kenampakan Bulan berwana merah darah akibat permukaan Bulan memasuki bayangan inti (umbra) Bumi. Fenomena alam inilah yang sangat menakjubkan dari kekuasan Tuhan Yang Maha Esa, betapa tidak sensasi warna merah menghiasi bulan purnama pada saat puncak gerhana menjadi pemandangan terindah di langit. Untuk wilayah Indonesia, Durasi gerhana mulai dari kontak pertama hingga berakhir adalah 5 jam 57 menit 5 detik, dengan fase gerhana totalnya berdurasi total selama 1 jam 25 menit 44 detik.

Fenomena alam ini dapat disaksikan di Benua Asia, Sebagian Benua Amerika dan Sebagian kecil Benua Eropa. Seluruh fase gerhana dapat diamati di Selandia Baru, Sebagian kecil  Australia, Sebagian besar  Jepang, Sebagian kecil  Cina,Sebagian Rusia,Sebagian Amerika  Serikat, dan Sebagian besar Kanada. Sedangkan Proses  gerhana  pada  saat  Bulan terbit dapat  diamati  di sebagian  besar  Asia, Sebagian besar  Australia, Sebagian Rusia, Sebagian kecil Eropa utara. Khusus wilayah Indonesia, gerhana  dapat diamati pada 4 fase yaitu dari bulan terbit saat fase gerhana mulai, gerhana penumbra berlangsung, gerhana bulan Sebagian hingga gerhana bulan total pada saat bulan terbit. Seluruh wilayah Indonesia yang dapat mengamati gerhana namun pada fase gerhana bulan totalnya hanya dapat diamati di wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat, Sebagian kecil Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sebagian kecil Kalimantan Tengah dan seluruh pulau Sumatera.

News Feed