English English Indonesian Indonesian
oleh

Sigap Bencana, Brimob Bone Gelar Apel Kesiapan Personel dan Peralatan

Selain memiliki wilayah tugas di seluruh Nusantara, pihaknya membackup langsung enam Kabupaten di wilayah Sulsel dengan karakteristik bencana yang berbeda-beda, untuk itu dalam pengecekan ini pihaknya memastikan semua unsur mulai dari personel, alat utama/alat khusus hingga perlengkapan pendukung seluruhnya siap.

“Kita dapat dengan cepat merespons segala bentuk kejadian utamanya yang berkaitan dengan bencana sebagai wujud Bhakti Brimob untuk masyarakat,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan apel kesiapan ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan. Apalagi wilayah backup pihaknya berpotensi rawan bencana alam.

Maka dari itu sebagai wujud kesiapan menghadapi bencana pihaknya telah beberapa kali menggelar apel kesiapan dengan melibatkan instansi terkait. Selain itu setiap hari pihaknya juga menyiagakan tim SAR dan setiap akhir pekan saat warga masyarakat berlibur.

“Kami melaksanakan patroli SAR demi mengantisipasi kejadian bencana serta menjaga kondusifitas Kamtibmas dan secara berkala kami juga melakukan latihan kemampuan personel baik itu melalui latihan interen maupun gabungan,” pungkasnya.

Adapun peralatan yang digelar dalam apel kesiapan tersebut diantaranya seluruh kendaraan dinas mulai dari kendaraan roda dua, empat hingga truk SAR, perlengkapan dapur lapangan.

Kemudian peralatan SAR perorangan mulai dari alat montenering, perlengkapan selam, dan peralatan evakuasi banjir seperti rakit, tali serta pelampung termasuk alat-alat komunikasi lapangan beserta drone yang tidak luput dari pengecekan untuk memastikan semuanya siap untuk digunakan. (sae)

News Feed