English English Indonesian Indonesian
oleh

TNI Bangun Talud di Malangke, Bukti Kerja TMMD

FAJAR, MASAMBA-Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersama rakyat. Itu bukan hanya jargon semata. Buktinya ketika program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di beberapa desa di Luwu Utara, masyarakat rela membantu TNI dari Kodim 1403 Palopo membangun talud.

Komandan Kodim 1403 Palopo, Letkol Inf Apriadi Nidjo mengatakan TMMD ini merupakan ke-115 dilakukan di beberapa lokasi di Luwu Utara. Salah satunya berada di Desa Pincepute, Kecamatan Malangke.

Menurutnya, selama TMMD ini berlangsung, personel TNI bersama warga sekitar melakukan pembangunan talud jalan. Kemudian, saat ini sudah memasuki hari ke-16 pengerjaan talud jalan. Untuk hasil yang dicapai 68,48 persen dengan target pembangunan sepanjang 311 meter.

Dia menjelaskan, kegiatan TMMD adalah tindakan nyata TNI dalam membantu permasalahan warga, sehingga salah satu bentuk keresahan warga terkait jalan akan amblas apabila dilintasi kendaraan yang bermuatan berat. Persoalan itu, kini sudah teratasi dengan kegiatan TMMD ke-115 Kodim 1403/Palopo.

Anggota Kodim 1403 Palopo melakukan pembangunan talud jalan, sehingga struktur tanah menjadi padat dan jalan tidak akan mudah amblas lagi. Adapun sasaran TMMD ini adalah Pembangunan Bronjong Desa Torada Kec. Masamba sepanjang 85 meter dengan progres 95,62 persen.

Pembangunan Talud Desa Mario, Kec Baebunta sepanjang 190 meter dengan hasil 95,26 persen, pembangunan Talud Desa Pince Pute, Kec Malangke sepanjang 311 meter dengan hasil 68,48 persen.

Pembangunan Drainase Desa Mekar Jaya, Kec Mappedeceng sepanjang 126 meter dengan hasil 76,19 persen, Pembangunan proteksi Bronjong Desa Patila, Kec. Tanalili sepanjang 77 meter dengan hasil 76,16 persen. Pembangunan Talud Desa Mulyorejo, Kec. Sukamaju Selatan sepanjang 525 meter dengan hasil 66,66 persen.

Warga sekitar pun memberikan apresiasi terhadap pembuatan talud jalan itu. “Infrastruktur jalan yang ada di Desa Pincepute tidak mudah untuk amblas lagi, sehingga akan menunjang peningkatan perekonomian warga,” kata Irsal, warga Pincepute. (shd/*)

News Feed