English English Indonesian Indonesian
oleh

Yayasan Hadji Kalla Fasilitasi 512 Anak Khitanan

FAJAR, MAKASSAR-Yayasan Hadji Kalla (YHK) merampungkan program khitanan massal selama 2022. Sebanyak 512 anak telah terfasilitasi.

Khitanan massal tersebut diselenggarakan tiga kali tahun ini. Mulai pada Maret di Nipah Park, Juli di Masjid Raya dan Bukit Baruga, lalu terakhir di Masjid Al Markaz Al Islami, pekan kedua Oktober lalu.

Kegiatan tersebut dibarengi dengan pemberian bibit pohon gratis. Sebagai ruang untuk memperkuat kepedulian mereka terhadap lingkungan sejak dini.

Manager Bidang Kemanusiaan, Lingkungan & Kesehatan YHK, Sapril Akhmady menjelaskan, program khitanan massal ini menyasar anak-anak dari kalangan duafa. “Hal ini merujuk dari data yang dimiliki bahwa kalangan menengah ke bawah masih dalam kesulitan untuk kembali bangkit setelah terpaan pandemi,” ujarnya Kamis, 27 Oktober.

Sapril juga menjelaskan, khitanan massal kali ini pun berbeda dari pelaksanaan sebelumnya karena adanya pembagian bibit pohon salam dan sirsak kepada para anak-anak. Dalam prgram ini, YHK berkolaborasi bersama Balai Pembenihan Tanaman Hutan.

Selain itu, program ini bekerja sama dengan Cranial Sehat Indonesia sebagai implementor yang beranggotakan dokter dan perawat profesional berpengalaman.

“Pesan pertama yang mau kita sampaikan adalah tentang siklus hidup yang sekarang sudah terlupakan. Di mana, dulu kita ada tradisi setiap ada perayaan terhadap sesuatu, maka akan ditandai dengan menanam pohon. Proses khitanan ini adalah salah satu dari bagian siklus hidup anak-anak yang harus dirayakan dengan menanam pohon. Hal ini yang mau kita ajarkan ke anak-anak kita agar bisa lebih menghargai lingkungan sejak dini,” imbuh Sapril.

Sementara itu, salah seorang pengurus Masjid Al Markaz Al Islami, Abdul Rahman mengapresiasi YHK atas kolaborasi yang bisa terbangun untuk program khitanan duafa ini. Kegiatan seperti ini tentunya sangat membawa manfaat bagi masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Hadji Kalla karena bisa membangun kerjasama untuk program khitanan duafa ini. Dimana dalam kegiatan ini, kami yang menyiapkan tempat untuk kegiatan ini. Kami berharap, warga bisa semakin terbantu karena anak-anaknya bisa mendapatkan layanan khitan secara gratis,” jelasnya.

Khitanan massal sudah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh YHK tiap tahunnya. Lewat program ini, diharapkan dapat banyak membantu masyarakat dari kalangan duafa yang bisa mendapatkan layanan kesehatan berupa khitanan untuk anak-anaknya secara gratis. (sal)

News Feed