English English Indonesian Indonesian
oleh

SMP Islam Athirah 1 Makassar Dorong Kompetensi Kepemimpinan dan Bela Negara Siswa

FAJAR, MAKASSAR-Mendorong pengembangan kompetensi leadership dan cinta Tanah Air SMP Islam Athirah 1 Makassar laksanakan Field Trip Leadership dan Bela Negara dengan rute Jakarta-Bandung, berlangsung 20 hingga 23 Oktober.

Siswa yang mengikuti kegiatan ini adalah siswa kelas 8. Sebanyak 102 orang dan didampingi sembilan orang guru. Adapun tema kegiatan field trip ini mengangkat tema Improving Our Leadership Skill, Improving Our Nasionalism.

Kepala SMP Islam Athirah 1 Makassar, Nilamartini, menuturkan latar belakang kegiatan ini adalah bentuk komitmen SMP Islam Athirah 1 Makassar dalam pengembangan kompetensi leadership dan cinta Tanah Air. Program tersebut adalah program unggulan SMP Islam Athirah 1 Makassar yang rutin dilaksanakan setiap tahun di bulan November.

“Tahun ini merupakan Angkatan ke-11, yang mana tahun tahun 2020 pelaksanaan Field trip Leadership kelas 8 dilaksanakan secara virtual dan tahun 2021 dilaksanakan dalam lingkup wilayah Makassar karena covid-19,” ujar Nila sapaan akrabnya.

Selain itu, hal yang mendasari kegiatan ini adalah penanaman nilai kepemimpinan Islam yang tercermin dalam cara berpikir, berbicara, dan bertindak. Perlunya observasi langsung untuk melakukan aplikasi terhadap teori yang dipelajari di kelas. Serta Pembentukan karakter disiplin, mandiri, tanggung jawab, serta toleransi.

Ketua Panitia Field trip Arny Afriana, memaparkan kegiatan itu bertujuan untuk mengembangkan karakter disiplin, mandiri dan bertanggung jawab terhadap siswanya. Kegiatan tersebut terintegrasi dengan beberapa mata pelajaran.

News Feed