English English Indonesian Indonesian
oleh

Masifkan GNRM, Pemda Bone Genjot Perwujudan ASN Berintegritas

FAJAR, BONE– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone optimalkan penanaman nilai-nilai revolusi mental ASN dan gerakan nasional revolusi mental (GNRM). Sebanyak 160 Aparatur Sipil Negara (ASN) ikuti dalam forum pembauran kebangsaan yang digelar di Hotel Helios, Jalan Langsat, Kota Watampone, Kabupaten Bone, Jum’at, 21 Oktober 2022.

Bupati Bone, Fahsar Mahdin Padjalangi, menuturkan, GNRM ini mesti betul-betul diterapkan dalam menjalankan roda pemerintahan. Sebab banyak hal yang mesti diubah dalam situasi seperti ini.

Lebih lanjut ia mengatakan, revolusi mental mesti dilaksanakan secara berkelanjutan. Agar betul-betul dapat memberikan dampak terhadap para ASN.

“ASN harus mampu mengikuti perkembangan zaman dan terus berinovasi utamanya harus meninggalkan cara lama,” katanya.

Ia juga menekankan, ASN adalah role model yang menjadi faktor pengungkit dan pendorong revolusi mental dalam masyarakat.

“Makanya revolusi mental ASN betul-betul harus dilakukan secara berkesinambungan agar dapat memberikan dampak,” tuturnya.

Sementara Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bone, Sumardi Suaib memaparkan bahwa terdapat lima program GNRM.

“Yakni meliput Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Tertib, Gerakan Indonesia Mandiri, dan Gerakan Indonesia Bersatu,” paparnya.

Kata dia kegiatan ini diharapkan mampu membuat para ASN menjadi pionir, ASN berAKHLAK yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif,

“Nilai dasar berAKHLAK ini, harus menjadi pegangan seluruh ASN dalam bekerja dan berperilaku,” paparnya.

Hal itu penting karena dikehidupan modern saat ini rasa kebersamaan saling menolong menghormati dan menghargai satu sama lain sudah semakin menipis.

“Total peserta ada 160 orang, lurah 100 orang beserta sekertarisnya dan pengurus forum pembangunan kebangsaan kabupaten Bone dan unsur masing-masing yang hadir,” bebernya.

Untuk diketahui beberapa narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut, yakni Andi Lukman Irwan yang memaparkan tentang dasar pelaksanaan revolusi mental, Inspektur Daerah, Andi Muh Yamin, dan Kabag Organisasi Setda Bone Andi Irsal. (sae/*)

News Feed