English English Indonesian Indonesian
oleh

Tujuh Kecamatan di Makassar Tanpa Perempuan, Ini Langkah Bawaslu

FAJAR, MAKASSAR –  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Makassar mengumumkan 90 pendaftar Pengawas Pemilu Kecamatan atau Panwascam lolos CAT. Sebanyak tujuh kecamatan tanpa pendaftar perempuan meski masa pendaftaran telah diperpanjang.

Yakni Kecamatan Biringkanaya, Kepulauan Sangkarrang, Ujung Pandang, Tamalate, Tallo, Panakkukang dan Manggala. “Masih ada tujuh kecamatan yang belum memenuhi afirmasi 30 persen pendaftar perempuan. Kita sudah perpanjang tapi hanya itu yang mendaftar. Jadi kita tetap jalan,” kata Ketua Bawaslu Makassar Abdillah Mustari.

Terkait hasil pengumuman yang tidak menunjukkan afirmasi 30 persen perempuan, kata Abdillah, disebabkan oleh pendaftar dan hasil seleksi perangkingan. Setiap kecamatan telah memiliki enam calon panwascam yang akan mengikuti tahap wawancara. Tes wawancara akan digelar di Hotel Grand Imawan, Jl Pengayoman, 20-21 Oktober 2022.

Setelah wawancara, Bawaslu Makassar akan menggelar pleno penetapan calon anggota Panwascam yang jumlahnya hanya tiga orang setiap kecamatan. “Kami akan umumkan penetapan Panwascam dua hari sebelum pelantikan. Pelantikan akan kita laksanakan tanggal 28 Oktober 2022,” katanya.

Diketahui se Sulsel, sebanyak 5.490 pendaftar yang dinyatakan lolos tahap administrasi. Tetapi hanya 347 peserta yang tidak ikut tes CAT.

Terdiri atas, 3.555 laki-laki dan 1.935 perempuan. “Peserta yang ikut tes 5.143. Terdiri dari 3.359 laki- laki dan 1.784 perempuan. Yang tidak ikut tes 347 orang, 196 laki- laki, 151 perempuan,” kata Saiful. (rul/*)

News Feed