English English Indonesian Indonesian
oleh

Strategi Tepat Tumbuhkan Ekonomi Sulsel

“Sulsel sekarang mengirim hasil pertanian dan perkebunan di beberapa daerah. Sehingga dari sektor itu kita masih akan aman dan bahkan bisa menjadi fondasi yang kokoh,” sambung Andi Iwan.

Apalagi cabai merah hampir seluruh wilayah di Sulsel bisa menanam komoditas ini. Namun petani terkadang enggan menanam cabai merah, akibat mekanisme pasar yang tidak berpihak ke petani.

“Untuk bawang merah, daerah penghasilnya adalah Enrekang, Bantaeng, Jeneponto, dan Bone,” ujarnya.

Stok hampir pasti aman jika distribusi pasokannya merata untuk kebutuhan masyarakat. Namun tata niaga bawang ini yang membuat harganya melambung.

“Kita siap turut andil menjaga stabilitas harga petani dan konsumen, perbaikan rantai pasok dan manajemen stok komoditas pangan, dan peningkatan produktivitas dan diversifikasi produk,” bebernya.

Ketua Gerindra Sulsel ini optimis perekonomian Sulsel akan tetap tangguh hingga tahun depan, meskipun diterpa badai kenaikan harga beberapa kebutuhan.

“Insyaallah Sulsel masih bisa bertahan menghadapi kondisi ini hingga tahun depan,” harapnya.

Apalagi dominan masyarakat Sulsel hidup dari hasil pertanian kemudian banyaknya pelaku-pelaku UMKM. Jadi tidak terlalu signifikan dampak yang akan ditimbulkan dari ketidakpastian ekonomi global.

“Hal itu karena kebanyakan masyarakat hidup dari hasil kerjanya sendiri,” tutup dia. (sae)

News Feed