English English Indonesian Indonesian
oleh

Tim PKM UNM Sosialisasikan Protokol Hidrasi Atlet

FAJAR, MAKASSAR — Tim PKM Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan mengusung tema “PKM Seminar Penerapan Protokol dan Status Hidrasi Atlet”.

Kegiatan tersebut diketuai oleh Arimbi dengan anggota Wahyana Mujari Wahid. Kegiatan pengabdian tersebut diikuti oleh peserta dari berbagai kalangan mulai dari masyarakat umum, pelatih, atlet, serta pengurus yang merupakan binaan dari Lembaga Pengembangan Potensi Prestasi dan Kesehatan Olahraga Indonesia (P3KORIN).

P3KORIN merupakan suatu organisasi yang berkecimpung dan fokus dalam dunia olahraga dan berperan aktif dalam pembangunan bangsa, melalui pengembangan potensi prestasi dan kesehatan olahraga masyarakat Indonesia.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Tim PKM UNM. Tahun ini berkolaborasi dengan P3KORIN.

Ketua Tim, Arimbi mengatakan, inti kegiatan ini ingin mensosialisasikan suatu strategi dalam upaya pencegahan dehidrasi bagi atlet atau yang dikenal dengan protokol hidrasi serta ancaman bahaya bagi seorang atlet ketika mengalami dehidrasi.

“Hal ini kemudian menjadi sangat penting ketika ancaman yang dihadapi atlet ketika mengalami dehidrasi. Dalam tingkatan yang serius adalah kematian,” katanya, Rabu, 12 Oktober 2022.

Arimbi berharap kegiatan ini menjadi bekal pengetahuan dan keterampilan bagi siapapun yang berkecimpung di dunia olahraga untuk meningkatkan kompetensi professional baik sebagai manajer tim, pelatih, serta atlet.

Anggota Tim, Wahyana Mujari Wahid menambahkan, pengenalan penting konsumsi cairan tubuh untuk menjaga status hidrasi dan terhidrasinya atlet dengan baik. Komposisi tubuh 70-80 persennya adalah terdiri atas air.

News Feed